Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Cara Menghilangkan Getah Tanaman dari Tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tanaman memiliki getah pada daun maupun batangnya. Getah diproduksi oleh tanaman dan pohon sebagai bagian dari proses biologis normalnya.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (2/5/2023), getah adalah zat encer, seringkali lengket yang mengalir melalui sistem peredaran darah tanaman, mengangkut nutrisi dan mineral ke berbagai bagian tanaman.

Getah dapat memiliki komposisi dan sifat yang berbeda-beda tergantung pada jenis tanaman atau pohonnya.

Getah dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda, seperti menutrisi tanaman, menyimpan makanan, atau memberikan perlindungan terhadap hama dan penyakit.

Beberapa jenis getah tanaman, seperti getah pohon maple, juga dipanen untuk berbagai keperluan, seperti membuat sirup atau gula.

Namun demikian, getah tanaman juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan pada tangan, seperti membuat lengket hingga gatal-gatal. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan getah tanaman dari tangan.

Cara menghilangkan getah tanaman dari tangan

Mulailah dengan mencuci tangan dengan air hangat dan sabun. Ini akan membantu melonggarkan getah dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

Jika getahnya sangat membandel, coba gunakan sedikit minyak goreng atau selai kacang.

Gosokkan sedikit minyak atau selai kacang ke getah dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, gunakan handuk atau tisu dapur untuk menyeka getahnya.

Minyak atau selai kacang akan membantu memecah getah dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Anda juga dapat mencoba alkohol gosok. Cukup tuangkan sedikit ke kain atau tisu dapur dan gosokkan ke getah yang menempel di tangan.

Jika getah masih membandel, Anda bisa mencoba menggunakan penghapus cat kuku atau aseton. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air setelah itu.

Cara mencegah getah tanaman menempel di kulit

Ada beberapa cara mencegah getah tanaman menempel di kulit tangan sehingga tidak menimbulkan dampak yang buruk, antara lain sebagai berikut.

1. Kenakan sarung tangan

Cara termudah untuk mencegah agar getah tidak mengenai tangan adalah dengan mengenakan sarung tangan saat bekerja dengan tanaman atau pohon. Ini bisa menjadi sangat penting jika Anda menangani tanaman penghasil getah.

2. Gunakan krim

Bila Anda tidak ingin memakai sarung tangan, Anda dapat mengoleskan krim ke tangan sebelum bekerja dengan tanaman atau pohon. Ini dapat menciptakan lapisan pelindung yang membantu mencegah getah menempel di kulit Anda.

3. Hindari menyentuh wajah

Jika tangan Anda terkena getah, cobalah untuk tidak menyentuh wajah atau area sensitif lainnya di kulit. Getah dapat menyebabkan iritasi atau bahkan reaksi alergi pada beberapa orang, jadi sebaiknya jauhkan dari wajah dan area sensitif lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/02/130000376/mudah-cara-menghilangkan-getah-tanaman-dari-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke