Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Terbesar di Dunia, Ada yang Seberat 100 Kilogram

Tentu saja, setiap ras anjing ini memiliki keunikan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Misalnya, ras anjing besar. Badan besarnya membuat anjing ini cocok dijadikan sebagai anjing penjaga. 

Namun, sebelum membuat daftar, Anda harus mendefinisikan apa yang dimaksud dengan terbesar.

Meski beberapa ras anjing sangat tinggi, jika Anda menentukan ras anjing terbesar di dunia sebagai yang terberat, maka inilah penghitungan akhir Anda.

Dalam menyusun daftar ini, hanya ras anjing yang diakui American Kennel Club (AKC), Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat, yang dipertimbangkan.

Dilansir dari AZ Animals, Senin (3/4/2023), berikut adalah daftar ras anjing terbesar di dunia. 

Anjing bernama Aicama zorba ini memiliki berat 155 kilogram. Biasanya, anjing terbesar di dunia ini memiliki tinggi sekitar 99 sentimeter di bagian pundak dan anjing betina sedikit lebih pendek.

Anjing mastiff jantan memiliki berat 72-104 kilogram, sementara anjing betina memiliki berat 54-77 kilogram, sekitar setengah hingga lebih dari dua pertiga ukuran anjing terbesar yang pernah ada.  

Boerboel-68 hingga 99 kilogram 

Selanjutnya, ras anjing terbesar di dunia adalah Boerboel. Boerboel memiliki berat sekitar 68-99 kilogram tanpa perbedaan antara jantan dan betina.

Para petani di Afrika Selatan sering menggunakan ras ini setelah awalnya mengembangkannya untuk membunuh macan tutul dan babon.

Anjing Boerboel dikenal sedikit agresif, jadi sosialisasi yang baik adalah suatu keharusan jika ingin memelihara anjing jenis ini. 

Dahulu, orang-orang mengembangkan ras anjin Saint bernard untuk menyelamatkan para pendaki gunung Alpen yang terjatuh. 

Wajah Saint bernard memiliki penampilan yang ramah dengan alis berkerut dan moncong pendek.

Great dane-49 hingga 79 kilogram 

AKC menyebut Great dane memiliki berat antara 63-79 kilogram, sedangkan betina  memiliki  antara 49-63 kilogram.

Meski ada ras anjing yang lebih berat, seekor Great dane bernama Zeus adalah salah satu anjing tertinggi dan terbesar di dunia.  

Leonberger-40 hingga 77 kilogram 

Menurut AKC, anjing Leonberger jantan memiliki berat antara 49-77 kilogram, sedangkan betina 40-63 kilogram.

Leonberger menjadi ras anjing terbesar di dunia dengan berat badan. Leonberger memiliki surai unik seperti singa di leher dan dadanya.

Tim penyelamat air sering menggunakannya karena bulunya yang tahan air. Leonberger juga digunakan untuk menggiring hewan dan sebagai pengawas karena ukurannya yang besar. 

Anjing yang berasal dari daerah Georgia, Rusia, ini sering digunakan di sana sebagai anjing penjaga penjara.

Anjing ini memiliki bulu panjang yang indah. Khususnya pada anjing jantan, bulunya membentuk surai dan terlihat seperti anjing yang mengenakan celana di sekitar kaki belakangnya.

Namun, anjing jantan sering kali lebih pendek daripada anjing betina dan memiliki tubuh  lebih berotot. 

Sementara ras anjing besar dikembangbiakkan untuk menjaga ternak, Newfoundland dibiakkan untuk membantu nelayan komersial.

Selain itu, para penjelajah awal sering menggunakan ras ini. Lewis dan Clark dilaporkan membawa seekor Newfoundland bernama Seaman dalam perjalanan mereka.

Salah satu Newfoundland terbesar yang tercatat bernama Tiempo. Anjing ini memiliki berat badan 80 kilogram saat berusia tiga tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/03/204700176/7-ras-anjing-terbesar-di-dunia-ada-yang-seberat-100-kilogram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke