Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Mesin Pencuci Piring Pakai Bahan Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Dishwasher atau mesin pencuci piring memudahkan Anda dalam rutinitas mencuci piring, sehingga lebih cepat dan hemat air. Akan tetapi, mesin cuci harus rutin dibersihkan sehingga tak mengurangi kinerjanya.

Dikutip dari Cookist, Sabtu (25/2/2023), membersihkan mesin cuci mudah dilakukan, tetapi harus dikerjakan secara rutin agar peralatan elektronik dapur tersebut bertahan lebih lama.

Anda bisa membersihkan mesin pencuci piring dengan beberapa bahan alami, misalnya cuka dan air perasan lemon. 

Berikut cara membersihkan mesin pencuci piring secara menyeluruh dengan bahan-bahan alami.

1. Cara membersihkan bagian luar mesin pencuci piring

Untuk membersihkan bagian luar mesin pencuci piring, gunakan kain yang dibasahi air hangat untuk menghilangkan kotoran yang lebih ringan. Adapun untuk noda yang lebih membandel Anda bisa menyemprotkan beberapa tetes cuka putih langsung pada kotoran tersebut.

2. Cara membersihkan bagian dalam mesin pencuci piring

Untuk membersihkan bagian dalam mesin pencuci piring, gunakan cuka untuk menghilangkan kerak dan sisa makanan.

Tuangkan segelas cuka di bagian bawah mesin pencuci piring dan mulailah mencuci penuh pada suhu maksimum.

Jadi, Anda akan menghilangkan lemak dan membersihkan tidak hanya bagian dalam mesin pencuci piring, tetapi juga saluran pembuangan dan pipa.

Cuka akan menghilangkan bau tak sedap dan, berkat keasamannya, juga sisa bakteri, batu kapur, dan sabun.

3. Cara menghilangkan bau pada mesin pencuci piring

Karena mesin pencuci piring selalu bersentuhan dengan sisa makanan, lama kelamaan dapat mengeluarkan bau. Buah jeruk sangat ideal untuk menghilangkannya.

Secara khusus, Anda dapat mengisi segelas air perasan lemon, juga menambahkan buah jeruk jika diinginkan, dan meletakkannya di keranjang tengah mesin pencuci piring.

Kemudian, nyalakan mesin pencuci piring pada suhu maksimum, memilih pembilasan yang penting untuk mencegah buah jeruk meninggalkan residu lengket.

Saat mesin pencuci piring ditutup atau dimatikan, jangan tutup pintunya tetapi biarkan terbuka sedikit, agar tidak ada bau tidak sedap.

4. Cara membersihkan gasket

Jika sisa makanan menumpuk di gasket mesin pencuci piring, Anda dapat menggunakan spons yang dibasahi air dan cuka dan menghilangkan kerak. Jika bau khas cuka menjadi tak tertahankan, fase pembilasan air dingin dapat ditambahkan.

Bahkan pencucian pembersih penting untuk menjaga gasket tetap bersih. Setiap 15 atau 20 hari, lakukan pencucian dengan mesin pencuci piring kosong menggunakan cuka putih.

5. Cara menjaga filter pencuci piring tetap bersih

Untuk perawatan dan pembersihan mesin pencuci piring yang sempurna, filter harus dibersihkan setelah setiap pencucian, atau setidaknya seminggu sekali.

Bilas dengan air mengalir dan pastikan lubang yang memungkinkan aliran air bebas dan bersih.

Jika masih ada residu, gunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkannya, sedangkan jika lubangnya tersumbat, tusuk gigi sudah cukup. Kemudian gunakan kain lembap yang dibasahi cuka untuk menghilangkan bau tak sedap.

Cara lain adalah menggosok area yang terkena jamur dengan sedikit spons abrasif menggunakan cuka bersama dengan sedikit cairan pencuci.

Kemudian, untuk mencegah terbentuknya koloni jamur baru, Anda dapat mulai mencuci pada suhu tinggi dengan gelas takar pemutih. Lanjutkan ke pencucian kosong kedua untuk menghilangkan semua sisa pemutih.

Sebaliknya, untuk mencegah pembentukan jamur, hindari menciptakan kelembapan dengan membiarkan pintu sedikit terbuka dan letakkan mangkuk dengan garam kasar dan sedikit soda kue di bagian bawah, yang akan Anda tinggalkan di mesin pencuci piring kosong, keluarkan sebelum mengoperasikannya.

Tips menjaga kebersihan mesin pencuci piring

Saran untuk menjaga mesin pencuci piring bekerja dan 100 persen efisien bahkan setelah bertahun-tahun adalah jangan pernah mengisinya dengan piring dan peralatan makan yang penuh dengan sisa makanan dan melakukan, setidaknya sebulan sekali, pencucian kosong suhu tinggi.

Hanya dengan cara ini tidak akan sulit untuk membersihkannya setelahnya. 

Selain itu, jika mesin pencuci piring tidak digunakan dalam waktu lama, disarankan untuk membersihkan tutup bagian dalam dan dinding dengan kain yang dibasahi air hangat dan cuka.

Biarkan tutupnya sedikit terbuka untuk menghindari terbentuknya bau dan jamur yang tidak sedap;

Sekali seminggu tambahkan dua sendok makan soda kue dan setengah gelas cuka ke dalam cucian biasa.

Setidaknya dua kali sebulan periksa apakah lengan yang berputar tidak tersumbat dan bebaskan dari sisa makanan dengan sikat gigi bekas lalu bilas dengan hati-hati.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/25/161200276/cara-membersihkan-mesin-pencuci-piring-pakai-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke