Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Membuat Rumah Terasa Kurang Lengkap

Padahal, desain dan dekorasi rumah sudah menarik, warna cat sudah tepat, dan perabotan yang proporsional dengan ruangan. Semuanya Anda miliki dan dibutuhkan di rumah. 

Namun, tetap saja, rasanya ada sesuatu yang kurang lengkap dari hunian. Kenapa? 

Stephanie Purzycki, pemilik Drive Hospitality, mengatakan sentuhan akhir adalah hal yang menyatukan sebuah ruangan dan membuatnya terlihat seperti ruang pribadi yang sengaja dirancang. 

"Begitu banyak orang yang mendekorasi sebuah ruangan dan mereka hampir menciptakan sesuatu yang sangat indah, tetapi tidak yakin bagaimana cara menyelesaikannya," ucapnya.  

Hampir semua orang pernah mengalaminya. Untuk membantu memecahkan dilema desain, Purzycki membagikan sejumlah hal yang membuat rumah terasa kurang lengkap serta cara memperbaikinya dilansir dari Southern Living, Kamis (23/2/2023).  

Karya seni yang Anda pilih tidak hanya menjadi cerminan langsung dari gaya Anda, tetapi juga ada banyak pilihan yang bisa dipilih.

Harus diakui, seluruh prosesnya bisa sangat melelahkan sehingga Anda tergoda untuk tidak menggunakan karya seni sama sekali. Namun, dinding tanpa seni tidaklah lebih baik.

"Dinding yang kosong terasa steril dan tidak menarik meski memiliki ruangan yang penuh dengan perabotan indah," kata Purzycki. 

Ukuran karpet yang salah

Selanjutnya, hal yang membuat rumah terasa kurang lengkap adalah memiliki ukuran karpet yang salah. Meski karpet adalah bagian penting dari setiap ruangan, sangat mudah membuat dekorasi yang penting ini menjadi salah.

"Salah satu masalah terbesar yang kami lihat, selain tidak memiliki karpet sama sekali, karpet terlalu kecil," kata Purzycki.

Karpet ini mengurangi skala ruangan atau membuatnya terasa seperti ada yang kurang. 

Untuk itu, sebelum membeli karpet, ukuran ruangan terlebih dulu agar mendapatkan ukuran yang tepat. 

Di ruang tamu, misalnya, setidaknya kaki depan setiap perabot harus berada di atas karpet. Jika di ruang makan, semua kaki kursi harus tetap berada di atas karpet, bahkan saat kursi ditarik dari meja. 

Apalagi, ada banyak gaya desain interior dan semua itu belum tentu cocok dengan keinginan dan rumah Anda. Karena itu, perlu mempersempit pilihan gaya dengan papan mood. 

Purzycki merekomendasikan menghabiskan waktu mengumpulkan inspirasi. Dari sana, persempit papan mood Anda menjadi beberapa gambar yang bisa dijadikan referensi saat berbelanja.

"Jika Anda bukan seorang desainer profesional, pilihlah sebuah gaya dan palet warna dan tetap berpegang teguh pada gaya tersebut," ucapnya. 

Cat kusam

Cameron Jones, desainer asal Raleigh, North Carolina, AS, mengatakan salah satu bagian dari teka-teki menuju rumah yang lebih sempurna adalah cat dinding.

Dia memperingatkan tidak meremehkan kekuatan cat. Untuk beberapa ruang, beberapa warna pada dinding dapat membuat perbedaan besar. Untuk ruangan yang lain, hanya dengan sedikit sentuhan saja sudah cukup. 

Namun, banyak orang yang asal memilih warna cat dinding untuk ruangan mereka seperti warna yang tampak kusam. Padahal, ini menjadi hal yang membuat rumah terasa kurang lengkap. 

"Menambahkan beberapa warna adalah cara bagus membantu sebuah tempat terasa lebih personal dan lengkap," imbuh Jones.

Kadang-kadang ini bukan tentang warnanya, tetapi lebih pada kesegarannya. Entah itu warna baru atau warna yang sama saat ini pada dinding, lapisan cat baru bisa membuat perbedaan besar dalam menyegarkan ruangan dan membuat rumah terasa lengkap. 

Perhatikan juga jenis perlengkapan pencahayaan yang Anda miliki. Hanya satu sumber cahaya saja tidak akan cukup.

Lauren Bradshaw, desainer interior yang berbasis di Nashville, Tennessee, AS, mengatakan trik mendapatkan ruangan yang sempurna adalah pencahayaan di setiap tingkat.

Itu berarti lampu plafon atau lampu dinding di bagian atas, di samping lampu meja, atau lampu lantai setinggi mata.

Jika memungkinkan, Bradshaw juga merekomendasikan memasang lampu yang lebih redup agar pencahayaan dapat disesuaikan. Dengan cara ini, rumah bisa terasa maksimal dan lengkap sepanjang hari. 

Monoton

Terakhir, hal yang membuat rumah terasa kurang lengkap adalah tampilan monoton. Ruangan monoton mungkin pernah keren, tapi sekarang sudah tidak lagi karena suatu alasan.

Hanya memiliki satu warna tidak memiliki keaktifan yang membuat sebuah ruangan terasa lengkap. Maka itu, Anda membutuhkan lebih banyak warna di ruangan. 

Namun, pencinta warna netral tidak perlu takut. Kami tidak merekomendasikan ruang yang sibuk dengan dekorasi ramai, tapi lebih ke ruang yang dinamis dan menarik yang terasa hangat serta nyaman. 

Jones mengatakan ada tiga komponen yang diperlukan untuk melengkapi sebuah ruangan, yaitu tekstur, warna, dan pola. Paling tidak, dia merekomendasikan memilih dua dari tiga komponen tersebut untuk dibangun.

"Kombinasi apa pun dari semua itu akan membantu rumah terasa lebih sempurna."

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/23/120500076/6-hal-yang-membuat-rumah-terasa-kurang-lengkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke