Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jamur di Lemari Pakaian

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba perhatikan lemari pakaian Anda, apakah muncul bau apek atau bau tidak sedap? Jamur di rumah adalah masalah yang tidak menyenangkan, apalagi jika ditemukan di tempat di mana Anda menyimpan pakaian.

Dikutip dari Hunker, Selasa (14/2/2023), menghilangkan jamur yang terlihat dan memperbaiki masalah mendasar yang menyebabkan pertumbuhan jamur membantu menyelesaikan masalah lemari pakaian berjamur.

Cara menghilangkan jamur di lemari pakaian dengan mudah adalah menggunakan pemutih atau cuka. Agar jamur tidak datang kembali, atasi sumber kelembapan di lemari pakaian, yang bisa berupa kebocoran, kelembapan tinggi, atau pakaian basah.

Kelembapan diperlukan agar spora jamur tumbuh, jadi pertumbuhan jamur di lemari berarti Anda memiliki sumber kelembapan di suatu tempat di bagian rumah.

Beberapa penyebab jamur di lemari pakaian antara lain sebagai berikut.

Mengidentifikasi sumber jamur di lemari pakaian adalah hal yang penting. Anda harus memperbaiki masalah di masa mendatang agar jamur tidak muncul kembali setelah Anda membersihkan masalah jamur yang ada.

Cara menghilangkan jamur di lemari pakaian

Untuk menghilangkan jamur dari permukaan lemari pakaian, Anda bisa menggunakan cuka atau pemutih tetapi jangan pernah menggabungkan keduanya atau menggunakannya satu per satu.

Kombinasi tersebut menciptakan gas yang sangat berbahaya. Jangan gabungkan pemutih dengan produk pembersih lainnya, terutama amonia.

Selalu beri ventilasi ruangan dengan baik saat menghilangkan jamur.

Keluarkan semua pakaian dari lemari dan periksa semua permukaan untuk menemukan semua jamur. Kemudian, siapkan larutan pembersih.

Jika Anda menggunakan cuka, masukkan ke dalam botol semprot. Jika Anda menggunakan pemutih, encerkan 1 cangkir pemutih dalam 3 liter air.

Seka permukaan tempat Anda melihat jamur dan gosok area jamur yang membandel. Jika jamur tidak segera muncul, oleskan lebih banyak pembersih dan diamkan selama 15 menit sebelum digosok lagi.

Bersihkan area dengan kain bersih dan air dan keringkan semua permukaan dengan baik. Biarkan mengering lebih lama sebelum memasukkan kembali pakaian Anda ke dalam lemari.

Cara mencegah jamur muncul kembali

Cara menghilangkan jamur yang telah disebutkan di atas hanyalah solusi sementara jika Anda masih memiliki masalah kelembapan di lemari pakaian.

Menemukan dan memperbaiki sumber kelembapan sangat penting untuk menghilangkan jamur di lemari pakaian dalam jangka panjang.

Beberapa perbaikan potensial untuk pengendalian jamur jangka panjang meliputi hal-hal sebagai berikut.

2. Perbaiki langit-langit dan atap bocor

Untuk kelembapan yang datang dari atas, Anda mungkin perlu memperbaiki atap untuk menghentikan air masuk ke lemari pakaian.

3. Gunakan dehumidifier

Atasi kelembapan tinggi secara umum di rumah dengan dehumidifier di dekat lemari pakaian.

4. Jaga pakaian tetap kering

Jangan sekali-kali menaruh pakaian basah di lemari. Tidak hanya pakaian yang bisa berjamur, kelembapan juga bisa menyebabkan jamur tumbuh di permukaan lain.

5. Simpan pakaian dengan benar

Hindari menyegel pakaian dengan rapat di dalam plastik, yang dapat memerangkap kelembapan dan menyebabkan tumbuhnya jamur. Hindari menumpuk pakaian di lantai, tempat kelembapan bisa terperangkap.

6. Biarkan udara keluar

Buka pintu lemari pakaian secara berkala untuk membiarkan udara segar masuk dan kelembapan keluar dari ruangan.


7. Bersihkan lemari pakaian secara teratur

Mengeluarkan pakaian dari lemari dan membersihkan dengan baik memungkinkan Anda memeriksa jamur secara teratur.

8. Serap kelembapan

Tempatkan silica gel, soda kue, arang aktif, dan produk penyerap kelembapan serupa di lemari pakaian untuk menyerap kelembapan berlebih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/14/165936176/penyebab-dan-cara-menghilangkan-jamur-di-lemari-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke