Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Alasan Anjing Suka Berpelukan dengan Pemiliknya

Tentu saja, ini menjadi hal menyenangkan saat memelihara anjing di rumah. Tidak ada yang lebih baik bagi pemilik anjing selain meringkuk pada malam hari bersama sahabat bulu mereka. 

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa anjing suka berpelukan dengan pemiliknya?

 

Rupanya alasan utama anjing suka berpelukan karena menyayangi pemiliknya dan berperlukan sebagai bentuk kasih sayang serta persahabatan. 

Zac Pilossoph, dokter hewan dari Healthy Paws Pet Insurance, anjing memiliki mentalitas berkelompok dan menganggap Anda sebagai bagian dari kelompoknya, yang berarti mereka ingin menunjukkan kasih sayang dan cintanya kepada Anda. 

Pilossoph mengibaratkan pelukan anjing seperti anjing-anjing yang bertemu di taman anjing. Pertama, anjing akan saling mencium satu sama lain untuk merasakan teman baru mereka dan membangkitkan memori tentang mereka. 

"Kemudian, jika saling menyukai, anjing akan berpelukan dan bergesekan satu sama lain untuk menunjukkan kasih sayang serta persahabatan," kata Pilossoph dilansir dari Southern Living, Jumat (27/1/2023).  

Anjing tidak terlalu memahami perilaku tersebut dan lebih memilih menggosok serta berpelukan dengan pemiliknya, terkadang juga menjilatnya.

Tentu saja, jika memiliki anjing peliharaan yang menghujani dengan ciuman, Anda tahu bahwa ada juga anjing yang menikmati kebiasaan itu. 

Alasan lain anjing suka berpelukan berkaitan dengan bagaimana anak anjing muda berbalik, memutar, dan berguling-guling di punggungnya, yang menunjukkan rasa hormat serta tunduk.

Jika memiliki anak anjing yang masih kecil, Anda mungkin sering melihatnya melakukan hal ini, yang merupakan versi lain dari berpelukan. Dalam pikirannya, anjing menunjukkan rasa hormat, tunduk, dan kasih sayang kepada Anda. 

Apakah ini merupakan sifat kepribadian?

Sama dengan kucing, setiap anjing memiliki preferensi dan toleransi untuk dipeluk. Beberapa anjing sangat suka dipeluk, beberapa lainnya senang memeluk dan lebih memilih tempat yang nyaman di sofa atau tempat tidur amereka.

Sementara itu, anjing lainnya bisa tidak menerima pelukan. Anjing lebih suka menatap ke luar jendela untuk melihat burung, tupai, dan orang yang lewat atau sekadar tidur siang.

"Kita sebagai manusia telah membiakkan ras tertentu untuk menjadi anjing rumahan dibanding anjing pelindung dan tingkat kasih sayang. 'kemampuan berpelukan' memiliki korelasi yang umum, tetapi tidak langsung," ucapnya. 

Sederhananya, setiap ras anjing berbeda dan anjing yang memiliki sejarah panjang dalam keramahan terhadap keluarga mungkin lebih cenderung berpelukan karena manusia telah mempengaruhinya melalui praktik-praktik perkembangbiakan.

Jadi, berpelukan bisa disebut semacam ciri kepribadian anjing. Namun, hal ini tidak dijamin dan ada pengecualian.

Banyak anjing yang dianggap sebagai anjing penjaga yang besar, di luar anjing penjaga, suka berpelukan dan berbaring di pangkuan Anda serta beberapa anjing peliharaan di antara mereka tidak peduli dengan berpelukan.  

Ras anjing yang suka berpelukan 

Ada beberapa ras anjing tertentu yang memiliki reputasi sebagai pemeluk yang baik. Untuk ras anjing yang lebih besar, seperti Golden retriever, Newfoundland, dan Great pyrenees, termasuk anjing suka berpelukan

Sedangkan ras anjing kecil, seperti Pomeranian, Maltese, dan Cavalier King Charles spaniel, biasanya sangat suka dipeluk. Namun, ingat bahwa hal ini ada pengecualian.

Pilossoph memperingatkan pemilik untuk tidak memilih ras anjing berdasarkan kecenderungan alami anjing untuk berpelukan.

Preferensi anjing dapat berubah seiring waktu karena berbagai alasan, termasuk masalah kesehatan yang tidak terduga atau masalah perilaku. 

Zoomies adalah ketika anjing dengan liar bergerak maju mundur atau berputar-putar di sekitar halaman atau di atas meja kopi.

Jadi, bacalah ruangan dan perhatikan apakah anjing peliharaan rileks saat Anda memeluknya atau menjadi bersemangat.

Beberapa data psikologis menunjukkan anjing tidak melihat pelukan seperti yang dilakukan manusia dan tidak terlalu menyukainya. Bahkan, anjing dapat melihatnya sebagai tindakan agresif atau dikekang dan mungkin merespons secara negatif.

Seperti biasa, konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang perilaku anjing suka berpelukan ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/27/124600476/ragam-alasan-anjing-suka-berpelukan-dengan-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke