Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tren Warna Ruang Tamu yang Akan Berakhir pada Tahun 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengatur skema warna rumah, ada satu tempat alami untuk memulai, yakni ruang tamu. Titik pusat rumah Anda adalah tempat Anda mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu istirahat dan pertemuan banyak orang.

Jadi, meskipun keputusan dekorasi Anda penting di setiap ruangan, ini adalah titik awal yang tak terelakkan.

Jika Anda mencari warna untuk mengecat ruang tamu, Anda mungkin sudah mulai memasukkan beberapa elemen ke dalam skema warna ruang tamu. Ini termasuk bagaimana warna memengaruhi perasaan Anda dan tampilannya dalam cahaya tertentu.

Namun, dilansir Homes and Gardens, Kamis (22/12/2022), berikut warna ruang tamu yang ketinggalan zaman di tahun 2023 mendatang. 

1. Putih

Pendapat bahwa ide ruang tamu serba putih mungkin ketinggalan zaman tidak kalah kontroversialnya. Namun, warna ini telah populer di antara para ahli terkemuka. 

Skema warna monokromatik putih-putih memudar karena orang ingin menambahkan lebih banyak kepribadian dan keunikan ke ruang mereka, kata desainer Heather Humphrey dari Alder and Tweed.

Humphrey menjelaskan bahwa, karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, mereka ingin kamar mereka lebih mengekspresikan atau mencerminkan siapa mereka, dan warna putih tidak selalu menunjukkan hal ini.

Michael Gilbride dari Michael Gilbride Design menekankan saran, menambahkan bahwa warna putih juga ketinggalan zaman dalam hal kepraktisan. 

Kita hidup melalui momen kolektif di mana dinding putih bersih dan dekorasi monokromatik menjadi ciri khas yang menenangkan secara visual, tetapi tidak praktis untuk keluarga dengan anak-anak, apalagi mainan anak-anak mereka dan proyek seni yang berkembang. 


Warna putih dapat memiliki kedalaman yang kaya untuk dicoba, tetapi perawatan cat, seperti pencucian warna, dapat memberikan kedalaman dan tekstur pada rumah mana pun," tambahnya. 

2. Abu-abu

Desainer interior berpendapat bahwa mendekorasi dengan warna abu-abu sekarang harus dilakukan dengan hati-hati. Ketika orang-orang berusaha untuk menciptakan ruang yang lebih nyaman, mereka beralih dari nada yang lebih sejuk dan lebih condong ke warna unta dan nude yang lebih hangat dan netral.

Desainer interior Genevieve Chambliss dari Vieve Interiors juga menambahkan bahwa waktunya telah tiba untuk warna abu-abu untuk memberi jalan bagi warna coklat, krem yang lebih hangat yang membuat latar belakang netral yang lebih baik di ruang tamu.

Meskipun Anda masih bisa memasukkan unsur abu-abu di sana-sini, hindari cat abu-abu dan furnitur abu-abu, agar Anda tidak terjebak dalam tren dekade terakhir. 

3. Biru-hijau

Daya tarik di balik skema warna air dan udara seperti hijau dan biru dapat dimengerti, karena ide ruang tamu yang penuh warna ini adalah salah satu terapi yang paling mencolok namun dapat Anda temukan.

Meskipun demikian, dengan segala manfaatnya, Chambliss menyatakan bahwa beberapa rumah tidak dirancang untuk warna biru-hijau, jadi dalam beberapa kasus lebih baik mencari warna yang lebih hangat dan lebih serbaguna yang melengkapi setiap gaya rumah.

4. Pink

Meskipun warna ini mungkin menjadi daya tarik di ruang lain, Chambliss menuturkan, kehangatan cerah dari merah muda tidak lagi menjadi warna pilihan di ujung spektrum warna yang hangat untuk ruang tamu.

Kita sekarang melihat lebih banyak bata merah, terakota, dan jeruk masuk ke ruang tamu untuk kehangatan yang lebih terinspirasi dari alam, katanya.

Cobalah bantal beludru dengan warna ini untuk membuat ruang tamu Anda terasa nyaman dan mewah.

5. Warna pastel

Meskipun benar bahwa 'pastel' tidak memenuhi syarat sebagai satu warna, para desainer di Heather Humphry Alder dan Tweed memperkirakan bahwa tren desain interior di masa depan akan melihat perpindahan dari warna-warna ini ke warna yang lebih hangat dan nyaman.

Warna pastel yang lebih terang beralih ke warna yang lebih dalam, karena gaya condong ke arah yang lebih gelap, ruang yang lebih murung yang masih terasa sangat alami dan klasik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/22/112428876/5-tren-warna-ruang-tamu-yang-akan-berakhir-pada-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke