Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Cairan Pembersih Debu, Pakai Cuka dan Minyak Zaitun

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu bukan hanya kotoran yang mengganggu. Debu adalah hamparan kotor yang mengandung jamur, sel kulit, tungau debu, dan bakteri.

Menjaga kebersihan rumah bisa menjadi tantangan, terutama karena debu dan alergen tampaknya menumpuk di area yang salah.

Dikutip dari Family Handyman, Selasa (13/12/2022), vacuum cleaner adalah cara yang bagus untuk mengangkat kotoran dari sekitar rumah, tetapi terkadang Anda menemukan bahwa beberapa area menampung lebih banyak debu rumah daripada yang lain.

Semprotan pembersih debu buatan sendiri adalah cara yang mudah namun efektif untuk menghilangkan debu.

Pembersih debu buatan sendiri adalah cara yang bagus untuk membuat rumah Anda berbau segar dan bersih tanpa menghabiskan banyak uang. Cairan ini juga mudah dibuat, yang menjadikannya pilihan yang bagus jika anggaran Anda terbatas.

Berikut cara membuat pembersih debu buatan sendiri.

Campurkan 1 cangkir air, seperempat cangkir cuka suling putih, dan 2 sendok makan minyak zaitun dalam botol semprot. Kocok dengan baik untuk menyampurkan semua bahan tersebut.

Tuangkan lima tetes minyak esensial ke dalam campuran atau hingga 10 tetes untuk aroma ekstra kuat. Gunakan minyak esensial yang Anda suka, misalnya eucalyptus, lavender, grapefruit atau lemon.

Semprotkan campuran tersebut pada furnitur yang perlu dibersihkan dan bersihkan dengan kain bersih atau tisu dapur setelah selesai.

Permukaan yang dapat dibersihkan dengan pembersih debu buatan sendiri

Pembersih ini dapat digunakan di hampir semua permukaan, namun sangat ampuh di lantai, termasuk karpet dan lantai kayu. Cairan ini juga dapat digunakan di dinding dan langit-langit juga.

Ini adalah solusi sederhana untuk menghilangkan debu dan kotoran lain yang mungkin ada di rumah Anda.

Tempat menyimpan cairan pembersih debu buatan sendiri

Penting untuk menyimpan semprotan pembersih debu di tempat yang kering dan sejuk. Anda juga harus menjauhkannya dari sinar matahari langsung dan sumber panas.

Pembersih debu dapat disimpan di lemari, rak, atau kloset di dekat lantai. Tempat-tempat ini paling baik karena memiliki paparan sinar matahari atau sumber panas yang terbatas.

Pertimbangkan botol semprot kaca yang dapat digunakan kembali agar mudah diisi ulang dan solusi pembersihan berkelanjutan.

Jika disimpan dengan benar, semprotan pembersih debu buatan sendiri ini bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Kain yang dapat digunakan dengan pembersih debu buatan sendiri

Anda dapat menggunakan tisu kering dan lembap. Jika tisu terlalu basah, akan meninggalkan terlalu banyak kelembapan pada furnitur atau permukaan lantai.

Kelembapan dapat meninggalkan minyak berlebih, yang dapat menodai permukaan tertentu atau membuatnya terasa kotor.

Sebaiknya Anda juga hindari penggunaan tisu beraroma, karena dapat meninggalkan bau setelah dibersihkan. Sebagai gantinya, pilih tisu tanpa pewangi dan biodegradable dari bahan alami seperti kapas dan bubur kertas.


Atau, pertimbangkan untuk menggunakan kain mikrofiber yang dapat dicuci—yang sama berkelanjutannya dan bahkan lebih hemat biaya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/13/085600576/cara-membuat-cairan-pembersih-debu-pakai-cuka-dan-minyak-zaitun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke