Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanda Mesin Cuci Sudah Tidak Optimal dan Perlu Menggantinya

Mencuci pakaian dengan mesin cuci tidak hanya memudahkan pekerajaan, tapi juga menghemat tenaga. Namun, penggunaan terus-menerus dapat menurunkan kinerja mesin cuci, bahkan membuatnya rusak.  

Untungnya, sebagian besar masalah mesin cuci mudah diperbaiki dan beberapa kasus perlu mengganti peralatan sepenuhnya.

Dilansir dari House Digest, Kamis (3/11/2022), berikut tanda-tanda mesin cuci sudah tidak optimal dan perlu menggantinya.  

Artinya, mesin cuci yang telah bekerja lebih dari delapan tahun perlu mempertimbangkan menggantinya.

Karena itu, bila mesin cuci dengan usia tersebut telah rusak, tindakan terbaik adalah menggantinya karena perbaikan cenderung menghabiskan biaya lebih mahal.

Memaksakan perbaikan hanya akan membuat Anda berurusan dengan lebih banyak perbaikan pada masa mendatang.  

Terlalu bising

Mesin cuci bukaan atas sering kali lebih berisik daripada mesin cuci bukaan depan. Namun, bila suaranya lebih keras dari biasanya, bahkan aneh, Anda perlu mengkhawatirkan.

Meski ada beberapa penyebab mesin cuci bersuara keras, hal pertama yang harus diperiksa adalah posisi mesin cuci di lantai. Apakah berada di permukaan rata atau tidak? 

Penyebab lain mesin cuci berisik adalah mortar atau drum yang rusak. Cara terbaik mengatasinya adalah memanggil seorang profesional untuk menilai masalahnya.

Tergantung pada usia mesin cuci, teknisi harus dapat menentukan apakah itu layak untuk diganti atau tidak. 

Seperti diketahui, mesin cuci dan pengering adalah salah satu konsumen energi terbesar di  rumah tangga yang menyumbang sekitar 5 persen dari tagihan energi. 

Mesin cuci yang menghabiskan banyak air dan listrik menjadi indikator bahwa peralatan tersebut sudah tidak optimal dan perlu ditingkatkan. 

"Saat membeli mesin cuci baru, pertimbangkan mesin cuci bukaan depan karena lebih hemat air dan energi daripada mesin cuci bukaan atas," saran Direct Energy.  

Selain karena usia, kebocoran pada mesin cuci disebabkan berbagai hal seperti mesin cuci lebih tua menggunakan jumlah air yang sama terlepas dari ukuran bebannya.

Ini dapat dengan mudah menyebabkan kebocoran jika meletakkan terlalu banyak beban pada alat. Namun, tidak setiap kebocoran menjamin pembelian alat baru, beberapa di antaranya dapat diperbaiki. 

Namun, ketika apabila ruang mencuci hampir berubah menjadi danau, hal terbaik adalah  membeli mesin cuci baru.

Penting dicatat, kebocoran mesin cuci dapat menyebabkan kerusakan air yang signifikan jika dibiarkan. Ditambah, kerusakan air dari mesin cuci terjadi secara progresif dari waktu ke waktu tidak ditanggung sebagian besar asuransi. Karena itu, perlu menggantinya.  

Bau tak kunjung hilang

Dalam kebanyakan kasus, bau tidak ada hubungannya dengan cara kerja mesin cuci. Namun, tentu tidak ada yang menyukai mesin cuci berbau.

Nyatanya, mesin cuci yang sudah lama atau tua rentan terhadap bau tidak sedap, terutama mesin cuci bukaan depan. 

Mesin cuci depan sering kali lebih baik di hampir setiap aspek, tapi desain itu membuatnya rentan terhadap pertumbuhan jamur dan lumut sehingga menyebabkan bau tidak sedap. 

Kabar baiknya adalah memperbaiki masalah bau tanpa bantuan tukang reparasi. Caranya, pastikan mesin cuci mengering setelah setiap siklus penggunaan serta membiarkan pintu terbuka untuk memungkinkan sirkulasi udara segar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/03/080800076/5-tanda-mesin-cuci-sudah-tidak-optimal-dan-perlu-menggantinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke