Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Pakaian dan Sepatu yang Terkena Air Hujan

Tak jarang, hujan yang tiba-tiba turun bisa membuat orang kehujanan lantaran lupa membawa payung atau jas hujan akibat cuaca tak menentu. 

Pakaian yang terkena air hujan harus segera dicuci. Namun, apakah metode pencuciannya sama dengan pakaian biasanya? 

Dilansir dari The Guardian, Selasa (1/11/2022), saat tiba di rumah setelah kehujanan, periksa apa yang Anda kenakan dan seberapa basahnya untuk menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Corey Simpson, Manajer Komunikasi di perusahaan pakaian Patagonia, mengatakan beberapa material pakaian tidak perlu dirawat setelah terkena hujan. Namun, sebagian bahan tertentu seperti kain alami perlu dikeringkan. 

Pakaian, seperti jas dan jaket, yang memiliki ketahanan air hanya bisa dikibaskan atau dilap, sedangkan kaos, kemeja, dan celana yang menyerap air hujan membutuhkan perhatian lebih.

Setelah menanggalkan pakaian basah, sebaiknya jangan biarkan pakaian tersebut menumpuk atau berada dalam keranjang pakaian karena dapat menyebabkan jamur serta bau.

Sebaliknya, pakaian basah harus segara dicuci guna mencegah bau serta jamur. Namun, jika pakaian sangat kotor dengan lumpur dan kotoran lainnya, Simpson menyarankan menghilangkannya terlebih dahulu sebelum mencuci pakaian.

Untuk kain halus seperti wol halus dan sutra, disarankan mencuci kering untuk mencegah noda air.  

Mencuci pakaian antiair 

Simpson mengatakan kain sintetis yang dilapisi bahan antiair biasanya  paling baik digunakan saat hujan, tetapi juga memerlukan perawatan khusus untuk mempertahankan kinerjanya.

Sayangnya, antiair tidak bertahan selamanya. Ini dapat dipengaruhi kotoran, minyak alami kulit Anda, tabir surya, dan asap. Jadi, penting menjaga jas hujan atau jaket tetap bersih.

Simpson mengatakan pastikan sering mencuci dan mengeringkan pakaian guna membantu menghilangkan minyak dan apa pun yang dapat menghambat kinerja jas hujan.  

Ironisnya, beberapa jas hujan antihujan hanya bisa dicuci menggunakan metode dry clean. Jaket puffer harus dicuci dengan detergen khusus dan bisa memakan waktu lama untuk kering.

Jaket puffer harus dibiarkan menetes kering selama antara 24-48 jam. Saat hampir kering, masukkan puffer ke pengering dengan suhu sedang dengan beberapa bola pengering untuk benar-benar memecah gumpalan yang tersisa. 

Perawatan khusus untuk sepatu

Sementara itu, untuk sepatu kulit yang terkena air hujan, bersihkan menggunakan sampo khusus guna mencegah kotoran mengering ke dalam sepatu. 

Setelah itu, letakkan sepatu kulit di tempat kering, jauh dari pemanas dan sinar matahari langsung untuk mengeringkannya. Setelah kering, oleskan krim khusus untuk menutrisi kulit.

Untuk sepatu kets yang basah kuyup, lepas tali sepatu dan sol dalam, lalu biarkan di luar di bawah sinar matahari.

Eugene Cheng, pendiri Sneaker Laundry, layanan perawatan di Melbourne, Austraslia ,memperingatkan sepatu kets bisa berjamur jika dimasukkan ke lemari atau dibiarkan di dalam ruangan saat basah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/01/165000276/cara-mencuci-pakaian-dan-sepatu-yang-terkena-air-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke