Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Dikutip dari The Spruce Pets, Senin (3/10/2022), berikut beberapa ras anjing yang suka bermain. 

Berasal dari Newfoundland, anjing ini dibiakkan dari anjing air. Labrador dibawa ke Inggris untuk bekerja sebagai pengambil unggas air.

Labrador retriever dikenal sebagai anjing yang ramah, tidak mudah marah, dan merupakan pilihan utama untuk dipelihara keluarga. 

Boxer

Anjing Boxer memiliki tampilan berotot, atletis, dan sejarah sebagai anjing petarung. Bekerja sebagai pemburu dan penjaga, anjing ini juga digunakan sebagai kurir. 

Namun, Boxer juga anjing yang berani, cerdas, setia, dan senang bermain. Bahkan, mereka menjadi salah satu hewan peliharaan keluarga yang banyak dicari.

Boxer cocok dengan keluarga yang aktif meski kurang cocok dengan keluarga yang memiliki bayi atau balita. Sebab, Boxer bisa terlalu bersemangat dan berpotensi menjatuhkan anak yang baru belajar jalan.

Sama dengab Labrador retriever, Golden juga menyukai permainan air, lempar tangkap, dan akan menemani pemiliknya ke mana pun. 

Anjing ini adalah sahabat baik bagi manusia dari segala usia dan mudah bergaul dengan sebagian besar hewan lainnya.

Pomeranian

Anjing Pomeranian, yang juga disebut anjing Pom, merupakan keturunan dari anjing kereta luncur di Islandia dan Lapland. Meski berukuran kecil, anjing ini berkerabat jauh dengan anjing Malamute dan Samoyed.

Pada akhir 1800-an, Ratu Victoria memiliki anjing Pom yang membuat ras anjing ini populer di Eropa dan sekitarnya.

Jika ingin memelihara anjing kecil yang periang, Pomeranian adalah pilihan tepat. Selain suka bersenang-senang, Pomerania juga penuh kasih sayang meski memiliki sifat keras kepala.

Mereka sangat terampil dalam kelincahan dan bermain frisbee. Anjing ini memerlukan banyak rangsangan fisik dan mental agar mendapat kehidupan seimbang. 

English springer spaniel

Anjing ini pertama kali populer di Eropa pada awal 1900-an sebelum merambah ke Amerika beberapa tahun kemudian.

English springer spaniel adalah anjing yang ramah, menyenangkan, dan cerdas. Mereka cenderung ramah anak dan hewan peliharaan dan sangat penyayang.

Namun, tingkat energinya cukup tinggi serta rentan terhadap kecemasan akan perpisahan (separation anxiety). 

Jika ingin memeliharanya, hati-hati dengan berat badannya yang rentan naik. Ajak mereka selalu terlibat dengan banyak permainan lempar tangkap.

Jack russell terrier

Berasal dari Inggris pada 1800-an, Jack russell terrier dulunya dibiakkan untuk menjawab kebutuhan akan anjing pemburu penuh semangat yang ukurannya cukup kecil untuk mengejar rubah di tanah.

Mereka adalah anjing keluarga populer yang dicintai karena kepribadiannya, kecerdasannya, dan disposisinya yang menyenangkan.

Penampilannya unik karena telinganya tegak dan wajahnya berkeriput. Namun, wajahnya yang datar ini dapat membuat French bulldog rentan terhadap masalah pernapasan dan mudah kepanasan.

Portuguese water dog

Jika menderita alergi, tetapi ingin memelihara anjing, Portuguese water dog bisa menjadi pilihan tepat. Memang tidak ada anjing yang benar-benar hipoalergenik. Namun, ras anjing berukuran medium dan berbulu halus ini tidak mengalami kerontokan signifikan.

Neski demikian, perawatan rutin perlu dilakukan untuk mencegah bulunya kusut dan mengeras. Portuguese water dig adalah anjing pekerja yang suka bersenang-senang, cerdas, serta cocok dipelihara keluarga yang aktif.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/03/211800676/10-ras-anjing-yang-suka-bermain-dari-corgi-sampai-bulldog

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke