Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Mencari Pengasuh Kucing Selama Bepergian

Sementara itu, meninggalkan kucing sendirian di rumah cukup berisiko, bagi sahabat bulu maupun rumah. Selain dapat merusak perabotan, kucing juga berpotensi kelaparan dan membuat rumah kotor, bahkan dalam bahaya. 

Salah satu cara bisa berlibur atau bepergian tanpa khawatir meninggalkan kucing peliharaan adalah mencari pengasuh kucing. Pengasuh ini dapat menemani kucing peliharaan sembari menjaganya.

Hal ini mungkin juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin mudik saat Lebaran nanti. 

Namun, mencari pengasih kucing tak boleh sembarangan. Disadur dari The Spruce Pets, Kamis (14/4/2022), berikut tips mencari pengasuh kucing yang tepat selama bepergian. 

Salah satu cara paling murah dan menghemat pengeluaran adalah menitipkan kucing peliharaan ke keluarga, teman, bahkan tetangga.

Mintalah mereka untuk berkunjung ke rumah kamu setiap dua atau tiga kali sehari guna memberi makan kucing peliharaan, membersihkan kotak pasir, dan bermain dengan sahabat bulu. 

Bila orang itu sudah kamu percayai, mintalah mereka untuk menginap di rumahmu agar bisa mengontrol dan menjaga kucing sepenuhnya. 

Menitipkan kucing ke orang-orang yang familiar dengannya merupakan pilihan tepat, terlebih bila kucing peliharaan sangat pemalu. Menaruhnya kucing yang malu ke penitipan hewan bisa membuatnya stres. 

Ada beberapa fasilitas penitipan kucing yang bisa dipertimbangkan. Kamu tidak perlu khawatir kucing peliharaan merasa kesepian.

Fasilitas ini cocok untuk kucing peliharaan yang gemar bersosialisasi dan tidak akan marah ketika sedang berada di luar lingkungan normalnya. 

Selain itu, menitipkan kucing peliharaan di fasilitas hewan merupakan pilihan yang baik bagi kucing dengan kebutuhan medis khusus yang perlu diperhatikan.

Namun, pastikan tempat penitipan tersebut memiliki dokter hewan. Perlu diketahui, menitipkan kucing ke tempat penitipan memerlukan biaya. Biaya ini bervariasi dan bergantung pada jenis fasilitas yang ditawarkan.

Selain itu, tempat penitipan hewan biasanya menyediakan kotak pasir kucing bagi kucing yang dititipkan, tetapi kamu bisa membawanya sendiri.

Pengasuh kucing profesional

Alternatif lain untuk dipertimbangkan adalah pengasuh kucing profesional. Mereka dapat berkunjung ke rumah beberapa kali sehari untuk memberi makan, mengajak kucing bermain, sekaligus membersihkan kotak pasir kucing.

Untuk menemukan pengasuh kucing profesional yang berpengalaman, kamu dapat mencari informasi lebih lanjut kepada dokter hewan, teman, keluarga, atau komunitas pencinta kucing.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/04/14/164800276/3-tips-mencari-pengasuh-kucing-selama-bepergian-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke