Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Mengajak Anjing ke Restoran? Jangan Lakukan Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengajak jalan-jalan anjing peliharaan memang menyenangkan, terlebih jika mereka tidak bandel dan anteng.

Dengan demikian, mengajaknya masuk ke dalam restoran yang memungkinkan anjing peliharaan ikut serta pun tidak akan bermasalah.

Namun, pegiat Healthy Lifestyle for Pets dari The Wonderbutts Family yakni Jesside dan Edison mengatakan, ada imbauan yang perlu diperhatikan oleh para pemilik anjing.

“Suka ada pemilik anjing, kurang peka mungkin, jadi di restoran anjing ditaruh di meja,” ujar Edison dalam acara live Instagram Kompas.com Kind of Life bertajuk “Rayakan Valentine Bareng Anabul, Yuk Kenali Bahasa Tubuhnya”, Senin (14/2/2022).

Meski kamu menyayangi anjing peliharaan, mereka tetaplah anjing dan hewan peliharaan. Jadi, penting bagimu untuk memperlakukannya seperti hewan peliharaan.

“Di restoran enggak usah dikasih makan pakai peralatan makan (manusia). Ini sering kejadian, dan mengundang pandangan buruk ke pemilik anjing. Restoran juga dikecam orang karena dianggap jorok,” tegas Edison.

Jessie, dalam kesempatan yang sama, mengungkapkan bahwa pihaknya juga sering mengajak anjing ke restoran.

Akan tetapi, anjing peliharaan hanya menemani saja dan mereka tidak diberi makan, kecuali jika restoran mengizinkan atau memang menyediakan makanan untuk anjing.


 

Sebelum mengetahui tentang “petiket” atau “pet etiket”, Jessie tidak menampik bahwa dirinya sempat menaikkan anjing ke atas meja makan.

“Masih ada fotonya, anjing naik ke atas meja di restoran. Kita melihatnya malu karena enggak sopan banget,” ucapnya.

Oleh karena itu, Jessie dan Edison berusaha mengedukasi para pemilik anjing tentang tata cara yang baik dalam membawa sahabat bulu mereka ke restoran.

“Jujur, saat ini kita bukan negara yang ramah hewan peliharaan. Kita ingin agar sahabat bulu bisa lebih diterima di masyarakat luas (karena) ada stigma bahwa mereka jorok, bau, dan berisik,” tutup Edison.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/23/121300676/ingin-mengajak-anjing-ke-restoran-jangan-lakukan-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke