Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Penyebab Kulkas Berbau Tak Sedap dan Cara Mencegahnya

Bau pada kulkas ini bisa membuat makanan yang disimpan di dalamnya lebih cepat rusak dan membahayakan kesehatan. 

Dengan mengatasi masalah ini segera, dapat membuat makanan lebih awet dan menjaga kesehatan Anda beserta keluarga. 

Dilansir dari Mr Right, Jumat (11/2/2022), ada beberapa penyebab kulkas berbau tidak sedap serta cara mencegahnya seperti berikut ini. 

Jika bau tersebut bertahan lama, ini akan menimbulkan bau menyengat yang pada gilirannya mempercepat pembusukan makanan.

Untuk mencegahnya, simpan makanan dalam wadah kedap udara dan tutup dengan dengan baik. 

Kulkas terlalu banyak menyimpan makanan di dalam kulkas

Menyimpan makanan terlalu banyak di dalam kulkas dapat menghalangi aliran udara dan membuat kulkas harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu ideal agar makanan  tetap segar.

Kurangnya pendinginan yang diperlukan untuk waktu lama menyebabkan makanan menumbuhkan bakteri berbahaya dan menimbulkan bau tidak sedap.

Selain itu, penyumbatan udara untuk waktu lama dapat menyebabkan kerusakan sistem. Jadi, simpan makanan hanya yang Anda butuhkan dan habiskan makanan yang telah disimpan terlebih dahulu. 

Jarang membersihkan kulkas

Membersihkan kulkas yang tidak dilakukan secara rutin dapat menyebabkan permukaan kotor. Jaga kulkas tetap bersih dan makanan tetap segar untuk waktu lebih lama dengan rutin membersihkan kulkas.

Bersihkan setiap rak bagian dalam kulkas agar tetap segar dan tidak berbau. Pastikan membersihkan kulkas dengan produk alami seperti lemon atau baking soda karena bahan kimia pembersih dapat terserap ke dalam makanan serta menyebabkan masalah kesehatan. 

Bila lupa membersihkan panci pembuangan secara rutin, dapat menimbulkan risiko tumbuhnya jamur, kuman, dan bakteri, yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap.

Bau bisa masuk ke kulkas melalui pipa pembuangan yang menghubungkan bagian dalam kulkas dengan panci pembuangan. 

Jadi, pastikan selalu membersihkan panci setidaknya setiap tiga bulan sekali agar kulkas wangi dan makanan sehat. 

Makanan rusak dan tumpah di dalam kulkas 

Menyimpan makanan di dalam kulkas melewati tanggal kedaluwarsa dapat menyebabkan makanan rusak dan basi. Begitu juga makanan yang tumpah di dalam kulkas bisa  menimbulkan bakteri dan jamur yang menyebabkan bau.

Untuk itu, segera bersihkan kulkas bial terjadi tumpahan demi mencegah bau tak sedap kemudian. 

Gunakan penghilang bau

Jika bau tak sedap masih tetap ada di dalam kulkas setelah dibersihkan, gunakan penghilang bau atau pewangi. Anda dapat menyimpan sekotak baking soda atau memotong lemon menjadi dua bagian dan meletakkannya di dalam kulkas.

Selain itu, Anda bisa meletakkan bubuk kopi, arang aktif, atau membiarkan kapas yang direndam dalam minyak esensial vanila selama sehari. Masukkan bahan tersebut ke piring kecil dan letakkan di dalam kulkas. 

Simpan makanan dalam wadah kedap udara dan beri label tanggal

Setiap makanan memiliki bau tertentu dan bau itu bisa menyebar ke semua bagian kulkas dari waktu ke waktu.

Untuk mencegahnya, simpan makanan dalam wadah kedap udara dan beri label tanggal penggunaan. Cara ini juga efektif memperpanjang usia makanan. 

Pastikan suhu kulkas benar 

Suhu yang dipertahankan di dalam kulkas sama pentingnya dengan penyimpanan makanan dalam menjaga kulkas tetap bersih dan segar.

Suhu kulkas yang terlalu hangat dapat mendorong pertumbuhan mikroba sehingga mempercepat kerusakan makanan.

Suhu ideal di dalam kulkas adalah empat sampai lima derajat Celsius, sedangkan suhu ideal freezer berkisar 18 hingga -17 derajat Celsius.

Saat ini terdapat kulkas dengan teknologi antimikroba Microben yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba serta membantu mengatasi bakteri penyebab bau.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/11/135200776/5-penyebab-kulkas-berbau-tak-sedap-dan-cara-mencegahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke