Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Perlu Menata dan Merawat Taman Rumah Seindah Mungkin

Padahal, merawat dan menata taman yang tepat membutuhkan setidaknya beberapa perubahan atau modifikasi dari desain dan fitur yang ada pada sebidang tanah atau taman dengan menambahkan beberapa elemen estetika seperti tanaman hias, baik tanaman daun maupun tanaman bunga, kursi taman, atau kolam air atau ikan. 

Menata taman rumah terlihat lebih indah dan terawat tentu bukan tanpa alasan. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan estetika, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi taman dan rumah. 

Melansir dari My Decorative, Jumat (3/12/2021), berikut lima alasan perlu menata dan merawat taman rumah seindah mungkin.  

Taman yang terpelihara dengan baik membantu meningkatkan fungsi tersebut. Penataan yang tepat dapat mengontrol perubahan suhu ekstrem, membantu mempertahankan suasana tenang, bahkan pada musim panas yang terik, serta menghilangkan kebisingan.

Selain itu, melestarikan sumber daya alam seperti tanah dan air serta membantu menjaga keseimbangan ekologi. Anda dapat mencapai keseimbangan antara desain struktural rumah serta cagar alam dengan mengelilingi area hardscaped, yang merupakan teras dan jalur batu, dengan tanaman.  

Meningkatkan fungsionalitas dan nilai jual rumah 

Penataan membantu memanfaatkan taman yang lebih fungsional dan nyaman. Ini juga merupakan investasi yang baik untuk rumah.

Anda dapat menggabungkan kreativitas untuk mendesain taman dengan menambahkan teras, area duduk, dan dek untuk mengubahnya menjadi ruang tamu di luar ruangan.

Hal ini juga dapat meningkatkan nilai jual rumah serta mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan. 

Menambah estetika visual

Estetika adalah salah satu alasan utama mengapa taman perlu mendapat penataan. Baik desain lanskap formal maupun informal dapat menyenangkan secara visual.

Taman yang dirancang dengan baik dan taman yang segar menyejukkan mata secara instan. Anda bisa menggunakan pagar tanaman yang rapat dan kayu boxwood Inggris yang dipangkas rapi. Keduanya dapat membuat taman terlihat menarik serta memberi rasa rileks. 

Anda juga dapat membuat dapur outdoor yang indah atau sudut barbercue di salah satu area taman. Selain itu, penataan ini juga dapat membuat taman menjadi area berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk bercengkrama serta menghabiskan waktu. 

Menjaga kesehatan fisik dan mental 

Semakin banyak variasi tanaman yang dimiliki di sekitar taman rumah, semakin banyak efek menenangkan yang diberikan pada kesehatan fisik dan mental.

Setelah menjalani hari yang sibuk di tempat kerja, tidak ada yang lebih menghilangkan stres daripada menghirup aroma bunga yang segar, melihat pemandangan yang hijau, serta  bersentuhan dengan tanah lembap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/03/132500976/5-alasan-perlu-menata-dan-merawat-taman-rumah-seindah-mungkin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke