Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Anjing Bertubuh Mungil yang Lucu dan Menggemaskan

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing berukuran kecil menjadi salah satu hewan peliharaan favorit. Sebab, selain lucu dan menggemaskan, anjing-anjing ini terlihat seperti anak anjing selamanya.

Secara umum, anjing berukuran kecil ini kerap disebut dengan teacup dog. Standarnya, beberapa ras anjing ini mungkin hanya memiliki berat 1 hingga 2,5 kilogram.

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (1/12/2021), dengan ukuran yang begitu kecil, anjing-anjing ini dapat memiliki beberapa masalah kesehatan, termasuk masalah dengan kerangka dan sistem kekebalan. Anjing-anjing ini rapuh dan dapat dengan mudah mati karena jatuh atau sulit dilihat dan mudah terinjak.

Juga, untuk beberapa ras anjing, usia harapan hidup mereka jauh lebih pendek. Beberapa hanya hidup sekitar setengah dari versi ukuran normalnya.

Ras ini mungkin juga memiliki masalah dengan pelatihan di rumah karena memiliki kandung kemih dan usus yang sangat kecil. Mereka membutuhkan banyak makanan kecil per hari untuk mencegah gula darah rendah (hipoglikemia) dan sering buang air di luar ruangan.

Berikut beberapa ras anjing berukuran kecil yang lucu dan menggemaskan, serta dapat menjadi hewan peliharaan Anda di rumah.

1. Pomeranian

Pomeranian awalnya dibiakkan untuk menggembalakan hewan dan menarik kereta luncur. Versi aw dari ras anjing Pomeranian memiliki berat sekitar 15 kilogram.

Pada 1800-an, mereka dibiakkan menjadi lebih kecil untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan daripada anjing pekerja. Sejak itu, ukuran anjing Pomeranian semakin kecil.

2. Pudel

Dikenal karena kecerdasan, atletis, dan kemampuan bersosialisasinya, pudel menjadi anjing keluarga yang luar biasa.

Pudel kecil biasanya memiliki berat sekitar 2 kilogram, sedangkan pudel berukuran standar memiliki berat 22,5 hingga 35 kilogram.

Pudel merupakan anjing yang bulunya tidak mudah rontok. Bulu keriting mereka tidak banyak rontok, yang merupakan berita bagus untuk Anda yang menderita alergi.

3. Beagle

Sebagian besar anjing beagle yang berukuran kecil hanya memiliki berat sekitar 7,5 kilogram, yang relatif besar untuk anjing bertubuh mungil. Mereka bisa keras kepala dalam hal kepatuhan.

Tetapi mereka merespons dengan baik ketika Anda membuat pelatihan menjadi menyenangkan dengan suguhan dan permainan.

4. Maltese

Maltese adalah salah satu ras anjing tertua di dunia, yang berasal dari 3.000 tahun yang lalu. Anjing Maltese berukuran kecil biasanya hanya memiliki berat badan antara 1 hingga 2 kilogram.

Karena ukurannya yang kecil dan energinya yang rendah, anjing-anjing ini sangat cocok untuk orang-orang yang menginginkan anjing peliharaan yang senang dipeluk.

5. Pomsky

Seperti namanya, Pomsky adalah persilangan antara Siberian husky dengan Pomeranian. Pomskies cenderung bervariasi dalam ukuran tergantung pada berapa banyak dari setiap jenis yang mereka miliki di dalamnya.

Campuran ini cenderung memiliki tingkat energi yang tinggi, jadi bersiaplah untuk banyak berjalan dan bermain.

6. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier sudah menjadi anjing populer dengan ukuran standar yang kecil, jadi varietas anjing kecil juga populer. Anjing-anjing kecil ini beratnya hanya 1 hingga 1,5 kilogram.

Yorkshire Terrier cenderung vokal, protektif, dan percaya diri. Mereka juga sangat setia dan mencintai keluarga mereka.

7. Bichon frise

Bichon frise dikembangkan untuk menjadi sahabat yang penuh kasih. Namun, mereka memiliki kebutuhan olahraga sedang dan suka bermain.

8. Chihuahua

Anjing Chihuahua adalah salah satu ras anjing populer di dunia. Chihuahua membutuhkan pelatihan dan sosialisasi yang tepat, atau mereka dapat menjadi takut dan defensif di sekitar orang asing.

Mereka juga membutuhkan olahraga teratur dan stimulasi mental.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/01/071800276/8-ras-anjing-bertubuh-mungil-yang-lucu-dan-menggemaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke