Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Kucing Peliharaan Rindu Pemiliknya Ketika Ditinggal Pergi?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika harus meninggalkan kucing peliharaan pergi dalam beberapa hari, mungkin kamu akan memikirkan dan merindukannya.

Tapi, apakah hal yang sama juga dirasakan oleh kucing ketika ditinggal pergi pemiliknya?

Meski terkesan sebagai hewan yang cuek dan tidak peduli, kucing peliharaan bisa saja rindu terhadap pemiliknya ketika ditinggal pergi.

Dikutip dari kanal YouTube WookuWooku Official, Senin (25/10/2021), pada artikel ini akan dibahas mengenai kucing merindukan pemiliknya ketika ditinggal pergi.

Oleh karena itu, sebenarnya kucing peliharaan juga bisa rindu kalau berpisah atau ditinggal pergi dengan pemiliknya.

Bahkan kucing yang ditinggal pergi pemiliknya bisa mengalami separation anxiety, alias rasa cemas akibat perpisahan.

Meski begitu, perilaku kucing peliharaan yang merindukan pemiliknya bisa saja berbeda-beda, tergantung dari sifat kucingnya.

Saat merindukan pemiliknya, ada kucing yang tidak mau makan dan minum, lalu terlihat bingung, lesu, dan berperilaku aneh lainnya.


Kerinduan kucing juga tergantung dari siapa orang yang pergi. Tapi, kucing akan lebih merindukan orang yang paling sering menghabiskan waktu bersamanya.

Jadi, apabila kamu adalah orang yang paling sering memberikan perhatian, maka kemungkinan besar kucingmu akan merindukanmu saat kamu pergi meninggalkannya.

Tanda kucing merindukan pemiliknya

Saat merindukan pemiliknya, seekor kucing peliharaan akan menunggu di depan pintu.

Ketika kamu pulang ke rumah, maka kucingmu akan langsung datang menyambut kedatanganmu.

Perilaku ini sebenarnya juga bisa jadi pertanda bahwa kucingmu sedang lapar dan ingin diberi makan. Tapi, ini juga bisa jadi pertanda kalau kucingmu merindukan perhatian dari pemiliknya.

Interaksi dengan manusia atau pemiliknya adalah hal yang paling diinginkan kucing selain makanan atau minuman.

Jika sudah memiliki ikatan yang kuat dengan pemiliknya, maka seekor kucing peliharaan akan memiliki kemampuan dalam membedakan suara orang asing dan suara pemiliknya.

Apabila hubungan antara kucing dan pemiliknya sudah sangat kuat, hal itu membuat kucing akan selalu mengingat pemiliknya selama hidupnya, sekalipun mereka harus berpisah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/25/131900276/apakah-kucing-peliharaan-rindu-pemiliknya-ketika-ditinggal-pergi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke