Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Dinding dengan Warna Biru

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna biru adalah warna klasik yang digemari banyak pemilik rumah untuk desain interior. Biru, baik dalam nuansa warna gelap maupun terang, juga merupakan warna favorit desainer interior.

Di luar keserbagunaannya, desainer interior memuji warna karena kualitasnya yang meningkatkan suasana hati yang berasal dari hubungannya dengan alam. Biru juga mampu mengubah ruang kecil.

Karena keserbagunannya, banyak desainer interior memperkirakan kekuatan warna biru akan bertahan lama hingga tahun 2022.

Mengecat dinding ruangan di rumah dengan warna biru pun bukan sekedar preferensi. Ternyata ada beberapa manfaat memilih warna biru sebagai warna cat dinding.

Dikutip dari Homes & Gardens, Minggu (24/10/2021), berikut beberapa manfaat mengecat dinding dengan warna biru yang perlu diketahui.

1. Biru menjadi warna latar belakang yang baik

Menurut Martin Waller, pendiri Andrew Martin, keberanian dan kehangatan yang ditemukan dalam warna biru diatur untuk merevolusi cara Anda memamerkan karya seni. Namun, Martin merekomendasikan penggunaan warna biru dengan hati-hati.

"Setelah mengecat ruangan dengan warna biru, mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri dengan tampilan tersebut. Anda mungkin akan merasa ngeri," ujar dia.

"Orang merasa sulit untuk mengatasi perubahan. Biarkan selama seminggu, dan perasaan Anda akan berubah," imbuh Martin.


2. Warna biru mampu mengubah ruang sempit

Perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan warna biru. Namun demikian, Martin menyarankan untuk memulai dengan pintu masuk kecil atau kamar tidur, di mana warna dapat menonjolkan ruang.

Desainer interior pun memandang warna biru akan mengubah ide lorong kecil dan mengubah kesalahpahaman bahwa ruangan sempit harus menghindari warna yang berani.

"Jika Anda masih ragu-ragu, mulailah transformasi Anda di ruang ganti atau kamar tidur kecil, karena warna yang lebih kaya bekerja dengan baik di ruang seperti itu, terlepas dari keyakinan bahwa cat putih membuat ruangan tampak lebih besar," jelas Martin.

Sementara itu, Camilla Clarke, Direktur Kreatif di Albion Nord menyatakan, dia juga memilih warna biru agak kelabu daripada nada netral, untuk menciptakan ruang yang tenang dan lembut.

3. Warna biru mampu meningkatkan suasana hati

Mengenai ide kamar tidur biru, General Manager Produk dan Inovasi di Sheridan, Joanna Ross mengungkapkan kunci ruang yang menenangkan tanpa mengorbankan gaya.

"Biru ditetapkan menjadi salah satu warna paling populer untuk kamar tidur pada tahun 2022. Ini dapat memiliki efek positif pada suasana hati karena menghubungkan kita dengan langit biru atau laut yang ditemukan di alam, yang membantu kita merasa santai," tutur Ross.

Menurut dia, warna biru dikenal membantu menenangkan pikiran dan menghasilkan perasaan tenang.

"Siapa yang tidak mencari ini sebelum tidur di malam hari," ungkap Ross.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/24/164800276/ternyata-ini-manfaat-mengecat-dinding-dengan-warna-biru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke