Salin Artikel

Catat, Warna Cat Terburuk untuk Ruangan Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Menentukan warna cat untuk ruangan sempit bisa menjadi pertimbangan berat bagi sebagian besar penghuni rumah.

Tapi, penting diingat kalau warna cat untuk ruangan sempit tidak terbatas pada penggunaan warna terang.

Jadi, kamu harus memilih warna yang tepat untuk memaksimalkan ruangan kecil milikmu dan jangan sampai salah mengaplikasikan warna cat yang keliru.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (16/10/2021), berikut ini adalah beberapa warna cat terburuk untuk ruangan sempit yang sebaiknya jangan pernah kamu gunakan.

1. Putih

Mungkin kamu terkejut bahkan tidak setuju dengan pernyataan ini, tapi ketahui terlebih dahulu alasannya.

Putih mungkin tampak seperti warna cat yang sempurna untuk ruangan sempit, karena dapat mencerahkan sudut-sudut gelap dan memantulkan cahaya ke sekeliling.

Tapi ide kuno bahwa ruangan sempit seharusnya hanya dicat dengan warna putih untungnya telah diganti dengan palet warna yang tidak terbatas.

Cat putih di ruangan sempit justru bisa membuat tampilan yang terlihat membosankan dan hambar.

Meskipun warna putih seharusnya membuat ruangan terlihat terang dan cerah, tapi itu bisa sebaliknya ketika menunjukkan setiap bayangan atau sudut gelap.


Putih masih bisa menjadi pilihan yang menakjubkan di ruangan sempit, tetapi ini berfungsi paling baik sebagai aksen atau warna trim.

Sebagai gantinya, cobalah warna abu-abu timah lembut. Cat abu-abu keperakan menambah keanggunan dan cahaya, dibingkai oleh aksen putih untuk ruang yang indah.

2. Netral yang redup

Warna cat netral sangat bagus untuk ruangan sempit. Meski tidak terbatas pada penggunaan warna netral, kamu akan tahu bahwa warna netral yang tepat dapat membuat ruangan sempit terlihat lebih luas karena kesederhanaannya.

Tapi, jangan berasumsi bahwa cat warna netral apa pun akan cocok untuk ruangan sempit di rumah.

Warna netral yang terlalu redup akan membuat ruanganmu terlihat kecil dan gelap.

Carilah warna-warna netral hangat yang memantulkan cahaya di sekitar ruangan, dan padukan dengan lis putih bersih dan aksen untuk gaya terbuka dan lapang.

Trik untuk membuat ruangan sempit berwarna netral terlihat lebih luas adalah dengan memilih perabotan, gorden, atau linen netral, agar sesuai dengan warna dinding.

3. Warna yang tidak kamu suka

Jangan tergoda untuk memilih warna cat hanya karena membuat ruangan sempit terlihat lebih besar.

Tujuan kamu adalah menemukan warna cat yang membuat ruangan sempit terlihat mengagumkan. Itu adalah hal yang paling penting untuk diingat saat kamu melihat kemungkinan warna cat untuk ruang kecil.

Selain itu, warna yang kamu sukai mungkin bukan pilihan terbaik untuk menciptakan tampilan yang luas.

Jika memiliki warna cat favorit, kamu mungkin perlu menyesuaikan warna tersebut agar sesuai dengan ruangan sempit. Tetapi, itu tidak berarti kamu harus menyerah sepenuhnya.

Jika tidak dapat menemukan cara untuk menggunakan warna cat yang benar-benar kamu sukai, cobalah dinding netral dengan warna favorit yang banyak digunakan sebagai aksen.

4. Merah

Merah adalah warna yang indah dan telah menjadi pilihan warna cat untuk ruang makan selama bertahun-tahun.

Namun, sebagian besar warna cat merah sama sekali salah untuk dipakai mendekorasi ruang kecil.

Energi dan kehangatan warna merah dapat memanaskan ruangan kecil dan membuatmu merasa kewalahan dan tidak nyaman.

Merah lebih baik dibiarkan sebagai aksen warna untuk ruang kecil. Jika harus mendekorasi ruang kecilmu dengan warna merah, cobalah warna-warna yang tidak terlalu mencolok.

5. Warna cerah

Sebelum menentukan warna cat baru di ruang kecil, pastikan untuk memilih warna yang bisa kamu pakai. Jika kamu menemukan warna baru yang funky dan cerah, jangan memilihnya hanya karena sedang trendi.

Temukan warna cat dengan warna yang serupa, tetapi dalam warna yang membuatmu nyaman tinggal untuk sementara waktu.

Warna-warna cerah, serta lukisan dan garis-garis palsu, semuanya bisa menjemukan setelah beberapa tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/16/213900476/catat-warna-cat-terburuk-untuk-ruangan-sempit

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.