Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencuci Pakaian Berdasarkan Material Kain

Ketika hendak mencuci pakaian, pastikanmencucinya sesuai dengan material atau bahan pakaian. Meski tampak ribet, hal ini dapat menjaga pakaian tahan lama dan tak mengalami perubahan.

Dilansir dari pelbagai sumber, Kamis (14/10/2021), berikut ini cara mencuci pakaian berdasarkan material kain. 

Katun

Saat mencuci pakaian berbahan katun, disarankan untuk menggunakan air dengan suhu normal dan tidak memerasnya terlalu kencang karena bisa membuat pakaian melar. 

Selain itu, untuk mencegah pakaian bahan katun berubah, hindari mengeringkannya dalam pengering mesin cuci secara berlebihan.  

Linen

Pakaian berbahan linen memerlukan lebih banyak air bersuhu normal karena memiliki sifat serat yang tebal. Ikuti intruksi pencucian pada label pakaian linen untuk menghindari kesalahan saat mencucinya. 

Denim

Untuk membersihkan noda pada pakaian denim, sebaiknya membersihkan dengan tangan demi menjaga kualitas serat dan warna denim.

Saat hendak mencuci pakaian bahan denim dengan mesin cuci, pastikan menambah kecepatan mesin cuci karena pakaian denim memiliki material cukup berat.

Selain itu, hindari mengisi mesin cuci terlalu penuh agar proses pencucian benar-benar bersih. 

Nilon

Nilon merupakan bahan yang mudah menyerap warna dari pakaian lain dan rentan terkena luntur. Jadi, pisahkan pakaian bahan nilon dari pakaian bahan lainnya, apalagi jika warnanya terang.

Untuk menjaga bahan nilon lebih awet, cucilah dengan sabun mandi berbahan lembut yang ada di rumah.   

Sutra

Pakaian bahan sutra perlu dicuci dengan metode dry-clean (cuci kering) yang ada di pusat laundry tepercaya.

Kamu bisa mencuci sendiri pakaian bahan sutra menggunakan tangan dan sabun mandi atau shampo yang lembut.

Caranya, rendam dan cuci pakaian bahan sutra pada air bersuhu normal tanpa perlu disikat atau dikucek. Hindari memeras pakaian.

Setelah dicuci, gantung pakaian sutra dengan rapi pada tali jemuran atau hanger dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. 

Wol

Cara mencuci pakaian bahan wol cukup rumit karena harus dilakukan dengan hati-hati agar seratnya tetap terjaga dan tidak berubah bentuk.

Biasanya, pakaian bahan wol hanya boleh dicuci dengan tangan. Jadi, sebaiknya baca label petunjuk pencucian pada pakaian wol jika ingin mencuci dengan mesin cuci.

Apabila ada noda yang menempel, kucek secara perlahan dengan tangan dan jangan pernah menyikatnya dengan sikat. 

Spandeks

Untuk pakaian dengan material spandeks hindari mencucinya dengan air panas dan pemutih serta mengeringkan menggunakan mesin cuci karena dapat menghilangkan elastisitasnya.

Hindari penggunaan pelembut dan pewangi pakaian karena zat kimia yang terkandung di dalamnya akan membuat pakaian bahan spandeks jadi cepat kusam.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/14/201700676/tips-mencuci-pakaian-berdasarkan-material-kain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke