Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meletakkan Lucky Bamboo di Rumah

Lucky bamboo merupakan simbol keberuntungan, kesehatan yang baik, dan kemakmuran. Selain itu, tanaman ini dapat menarik dan meningkatkan aliran energi positif ke seluruh rumah atau ruang kerja. 

Tanaman lucky bamboo juga dapat mengaktifkan kembali energi stagnan dalam ruangan untuk memastikan Chi mengalir bebas ke seluruh ruangan di rumah. 

Namun, meletakkan tanaman lucky bamboo tak boleh sembarangan agar dapat memperoleh energi positif tersebut.

Melansir dari Love to Know, Minggu (10/10/2021), berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat meletakkan tanaman lucky bamboo di dalam rumah agar memperoleh keberuntungan. 

Jumlah tangkai dalam susunan lucky bamboo

Jumlah tangkai dalam suatu susunan lucky bamboo memiliki arti. Secara tradisional, susunan tanaman ini memiliki satu hingga sepuluh batang. Namun, ada pula susunan yang lebih besar mencapai 21 tangkai.

Susunan dengan jumlah batang bambu yang genap mewakili feminin karena merupakan angka Yin, angka yang mewakili sisi pasif alam. Susunan dengan jumlah tangkai ganjil mewakili sisi maskulin aktif dari alam atau Yang. 

Jumlah tangkai genap

Menurut legenda kuno, tanaman lucky bamboo dengan dua batang adalah simbol keberuntungan ganda dan hubungan yang bahagia.

Empat tangkai melambangkan kehidupan cinta yang baik, kreativitas, dan kesuksesan di sekolah. Namun, dalam budaya Cina, angka empat adalah negatif karena kata untuk angka empat sangat mirip dengan kata kematian. 

Tak heran, tanaman lucky bamboo dengan empat batang tidak akan pernah ditemukan di rumah atau ruang kerja seseorang dari budaya Cina.

Sementara itu, lucky bamboo dengan enam batang mengartikan kondisi yang menguntungkan untuk memberikan aliran uang dan keberuntungan.

Delapan batang melambangkan keberuntungan juga kesuburan dan sepuluh berarti kehidupan yang lengkap serta terpenuhi. 

Susunan angka ganjil

Menurut tradisi Tiongkok kuno, satu batang lucky bamboo menandakan kehidupan yang sederhana dan bermakna keberuntungan secara keseluruhan.

Tiga batang lucky bamboo melambangkan panjang umur, kebahagiaan, dan kemakmuran. Susunan lima batang berarti keseimbangan di semua bidang kehidupan, kebahagiaan, juga keberuntungan.

Tujuh batang melambangkan kesehatan yang baik dan keberuntungan dalam semua jenis hubungan. Sembilan berarti kemakmuran, kesehatan yang baik, serta kehidupan cinta yang positif dan bahagia.

Sebelas batang melambangkan keberuntungan secara keseluruhan di semua bidang kehidupan. Susunan lucky bamboo dengan dua puluh satu batang adalah berkah serba guna yang sangat kuat dan kuat. 

Bentuk pengaturan lucky bamboo

Penataan lucky bamboo dimulai dari yang sederhana seperti satu atau dua batang yang dipajang dengan indah dalam vas kaca bening dengan kerikil dan air hingga penataan mewah dengan batang digulung, dikepang, dan dijalin.

Gaya penataan lucky bamboo lainnya adalah menggunakan teralis atau kisi, berjenjang, dan berlapis.  

Mewakili lima elemen feng shui

Ketika digunakan sebagai obat feng shui, tanaman bambu hoki umumnya mencakup lima elemen, yakni elemen kayu, tanah, air, logam, dan api.

Tanaman lucky bamboo dan warna hijau mewakili kayu. Bumi diwakili kerikil, batu, dan tanah serta warna cokelat.

Air disimpan dalam wadah dan diwakili warna biru. Patung, ornamen logam, atau berwarna metalik dapat menghiasi tanaman atau wadah bambu ini untuk mewakili logam.

Warna perak, emas, tembaga, kuningan, atau perunggu berarti logam. Merah, merah marun, pink, atau burgundy melambangkan elemen api untuk wadah atau salah satu ornamennya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/10/141500976/5-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-meletakkan-lucky-bamboo-di-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke