Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Induk Kucing Sering Memindahkan Anaknya yang Baru Lahir?

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda pernah memiliki kucing betina yang melahirkan anaknya di dalam rumah, mungkin Anda akan melihat pemandangan ketika si induk kucing memindahkan anaknya ke beberapa titik.

Melansir dari The Nest, Selasa (21/9/2021) hal ini bahkan terjadi ketika Anda sudah menyediakan sarang yang cukup nyaman untuk mereka. Mengapa sang induk melakukan hal itu? Ini penjelasannya.

Memindahkan anak kucing adalah perilaku kucing normal

Kucing cenderung menjadi hewan yang menyendiri dan ingin memiliki privasinya sendiri, terlepas dari situasi kehidupannya.

Kucing rumahan atau liar akan mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memelihara anak kucing mereka.

Seekor kucing akan menghabiskan waktu mencari tempat untuk melahirkan, dan terkadang tempat yang dia pilih saat ini bukanlah tempat yang pertamanya.

Dalam kasus seperti itu, atau jika induk merasa tempat itu telah disusupi, biasanya sang induk akan memindahkan keberadaan sarang mereka.

Sedangkan untuk kucing yang tinggal di luar ruangan, alasan untuk memindahkan sarangnya mungkin termasuk keberadaan predator (seperti anjing dan burung pemangsa) atau paparan cuaca.

Mencari sarang yang paling aman dan nyaman

Anda mungkin telah menghabiskan waktu dan usaha untuk membuatkan induk kucing tempat yang nyaman dan menyenangkan baginya untuk melahirkan, tetapi jangan tersinggung jika dia tidak menggunakannya.


Bukan hal yang aneh jika seekor kucing memiliki preferensinya sendiri tentang di mana tempat terbaik untuk bayinya yang baru lahir.

Kebanyakan kucing lebih menyukai tempat yang tenang dan aman di mana dia dan anak-anaknya akan ditinggalkan dengan tenang. Anak kucing yang baru lahir sepenuhnya bergantung pada induknya, dan induk kucing menjalankan perannya dengan sangat serius.

Jika dia merasa sarangnya diperhatikan banyak orang, kemungkinan dia akan memindahkan lagi anak kucingnya.

Pilihan yang paling umum adalah berada di belakang atau di bawah sofa, kursi dan tempat tidur dan di laci, lemari, lemari dan kotak.

Berikan ruang untuk induk dan anak kucing barunya

Anda harus memastikan dia memiliki banyak makanan dan air segar di dekatnya dan mengawasinya untuk tanda-tanda kecemasan. Jika dia tampak cemas, dia mungkin merasa bahwa anak-anaknya tidak aman.

Beri dia ruang dan waktu untuk bersantai di sekelilingnya bersama keluarga barunya.

Ingin banyak privasi

Anak kucing menggemaskan, dan hampir semua orang suka dipeluk dengan mereka. Namun, yang terbaik adalah menahan godaan untuk sementara waktu, demi kebaikan ibu dan bayinya.

Jika induk kucing tidak senang dengan perhatiannya, dia akan memindahkannya lagi. Yang terbaik adalah berasumsi bahwa dia menginginkan lebih banyak privasi.


Beberapa orang percaya bahwa yang terbaik adalah menunggu sekitar tiga minggu sebelum menangani anak kucing. Hal yang harus diingat adalah hindari memegangnya sebelum mata mereka terbuka.

Jika Anda menemukan anak kucing liar di luar, jangan berasumsi bahwa induknya telah meninggalkan mereka atau disakiti.

Seringkali induk kucing akan pergi mengamankan makanan atau memindahkan sarangnya. Yang terbaik adalah menunggu untuk melihat apakah induknya kembali untuk anak-anaknya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/21/102900776/mengapa-induk-kucing-sering-memindahkan-anaknya-yang-baru-lahir-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke