Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing yang Larinya Paling Kencang, Bisa Jadi Teman Berolahraga

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk Anda yang ingin memelihara anjing, ada salah satu pertimbangan yang tidak boleh dilakukan, yakni kecenderungan untuk berlari. Berlari bisa menjadi cara yang bagus bagi anjing untuk membakar kelebihan energi dan stres.

Dikutip dari The Spruce Pets, Selasa (7/9/2021), berlari secara teratur juga dapat membantu menjaga anjing tetap bugar dan memiliki berat badan yang sehat. Di samping itu, berlari dengan anjing peliharaan dapat memperkuat ikatan Anda.

Namun, tidak semua anjing mampu menjaga kecepatan berlari yang sama. Beberapa ras anjing dikenal karena kecepatan berlarinya yang luar biasa.

Anjing ini cenderung besar, berotot, dan berkaki panjang, meskipun ada beberapa anak anjing kecil yang sangat cepat juga larinya. Anjing-anjing ini umumnya dibiakkan untuk pekerjaan yang membuat mereka tetap berdiri dan bergerak.

Anjing yang gemar berlari biasanya membutuhkan banyak latihan setiap hari dengan ruang yang cukup untuk mengeluarkan energi mereka.

Jika Anda tidak dapat mengarahkan energi anjing ke hal-hal yang positif, seperti olahraga, anjing mungkin beralih ke perilaku yang merusak, seperti mengunyah barang-barang rumah tangga.

Berikut beberapa ras anjing yang larinya kencang, sehingga cocok untuk menjadi teman Anda berolahraga.

1. Border Collie

Border collie umumnya sangat cerdas, enerjik, dan setia. Ras anjing ini juga memiliki banyak stamina dan kecepatan.

Baik itu menggembalakan ternak sepanjang hari atau berkompetisi di kontes anjing, Border collie bisa sangat unggul. Namun, tidak jarang anjing Border collie menggigit tumit anak-anak yang sedang berlari atau mengejar sepeda dan mobil.

Dengan demikian, penting untuk mengarahkan energi mereka ke tugas-tugas positif.

2. Dalmatian

Dalmatian tidak hanya dikenal karena penampilan mereka yang mencolok.

Anjing Dalmatian juga sangat cepat dan atletis. Secara historis, mereka dilatih untuk berlari bersama kereta kuda.

Banyak pemilik baru meremehkan seberapa banyak latihan dan perhatian yang dibutuhkan anjing-anjing ini. Jalan-jalan panjang setiap hari adalah suatu keharusan, seperti juga ruang bagi anjing untuk berlari.

Dalmatian juga dikenal sebagai penggonggong waspada yang antusias, jadi Anda harus melakukan beberapa pelatihan untuk mendorong perilaku yang lebih tenang.

3. Doberman Pinscher

Tidak mengherankan anjing Doberman Pinscher telah digunakan oleh militer dan polisi sebagai anjing pelacak dan anjing penyelamat. Anjing-anjing besar ini memiliki banyak stamina, dorongan, dan kecepatan.

Doberman juga sangat setia dan dapat dilatih. Namun, mereka umumnya tidak cocok untuk pemilik anjing pemula.

Mereka tidak selalu cocok dengan anjing lain, dan naluri menjaga yang kuat serta fisik yang kuat dapat menjadi tantangan jika tidak dikelola dengan hati-hati.

4. Great Dane

Anjing Great Dane memiliki tubuh atletis yang besar dan kurus yang memungkinkannya untuk berlari dengan cepat.

Anjing ini memang membutuhkan banyak ruang untuk bermain dan mengeluarkan energi mereka.


Namun, mereka bisa menjadi teman yang sangat penyayang dan setia, termasuk dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

Mereka memiliki dada yang dalam, kapasitas paru-paru yang besar, dan tubuh yang ramping dan berotot. Greyhound mampu berakselerasi dengan cepat dan kemudian mempertahankan kecepatan tinggi.

Namun demikian, mereka biasanya sopan dan tenang di rumah.

6. Siberian Husky

Siberian husky mungkin tidak mencapai kecepatan terik yang bisa dilakukan anjing greyhound, tetapi mereka masih sangat cepat.

Ras anjing ini memiliki stamina yang luar biasa dan mampu menempuh jarak jauh dengan kecepatan tinggi secara konsisten, bahkan dalam kondisi cuaca yang buruk.

Seperti yang Anda harapkan dari anjing yang dibesarkan untuk menarik kereta luncur selama berjam-jam setiap hari, Siberian husky penuh energi dan tekad.

7. Jack Rusell Terrier

Jack Russell Terrier yang kecil tapi cepat awalnya dibiakkan untuk berburu rubah. Tidak seperti anjing foxhound yang lebih besar, anjing kecil yang ulet dan pemberani ini bisa mengejar mangsanya ke dalam sarang.


Mereka juga harus memiliki kecepatan dan stamina untuk mengimbangi kuda-kuda saat mengikuti sebuah aroma. Anjing ini biasanya cerdas, energik, dan menyenangkan.

Mereka juga bisa sangat vokal, cenderung menggali, dan memiliki dorongan mangsa yang tinggi.

8. Pudel

Pudel hadir dalam tiga ukuran, yakni toy, miniatur, dan standar. Ketiganya dikenal sebagai pelari yang cukup kencang.

Pudel dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat ketika diberi jalan keluar untuk keceriaan dan energi mereka. Mereka akan membutuhkan setidaknya beberapa jalan kaki yang padat setiap hari.

Pudel cenderung suka bersenang-senang tetapi juga sabar dan lembut. Mereka juga dikenal karena umurnya yang panjang.

Akan tetapi, anjing pudel memiliki persyaratan perawatan yang cukup tinggi untuk mencegah bulu menjadi tidak rapi dan kusut.

9. Vizla

Ratusan tahun yang lalu, anjing Vizsla dihargai di antara suku-suku pemburu Maygar di Hungaria. Ras ini menjadi sangat diperlukan berkat kecepatan dan daya tahannya yang tak tertandingi saat melacak tambang.

Saat ini, kualitas inilah yang membuat anjing Vizsla menjadi teman lari yang populer. Ras ini juga cenderung bersemangat untuk menyenangkan dan penuh kasih sayang.

10. Weimaraner

Weimaraner adalah jenis pemburu atletis lainnya dengan kecepatan lari yang luar biasa. Anjing-anjing ini dikenal karena kekuatan, kesetiaan, dan kemampuan mereka untuk dilatih.

Akan tetapi, mereka bisa agak nakal, sehingga membutuhkan banyak pengayaan mental dan fisik untuk menghibur dan menyalurkan energi. Selain itu, mereka adalah jenis anjing yang suka mengunyah dan dapat menghancurkan barang-barang rumah tangga jika dibiarkan bosan dan tanpa pengawasan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/07/091200276/10-ras-anjing-yang-larinya-paling-kencang-bisa-jadi-teman-berolahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke