Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Alami Membasmi Gulma pada Tanaman

Untuk itu, kemunculan gulma harus cepat ditangani agar tidak menghambat pertumbuhan tanaman yang sehat. 

Dilansir dari Real Simple, Minggu (29/8/2021), cara yang biasa dilakukan untuk menyingkirkan gulma di sekitar tanaman adalah mencabutnya.

Namun, sebenarnya, pertumbuhan gulma di sekitar tanaman dapat dibasmi menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini. 

Cuka, garam, dan sabun cuci piring 

Untuk membunuh gulma, Anda dapat menggunakan cuka, garam, dan sabun cuci piring. Sabun cuci piring membantu larutan menempel pada gulma.

Campurkan bahan-bahan ke dalam botol sesuai dengan perbandingan yang sama, lalu kocok hingga semua bahan tercampur. 

Campuran bahan efektif membunuh tanah sehingga tidak ada lagi gulma yang tumbuh di sekitarnya. Namun, hati-hati saat menggunakannya karena dapat terkena bunga atau tanaman yang sehat.

Sebaiknya, lakukan metode ini saat hari sedang cerah karena asam alami akan membakar tanaman dan garam akan mengerut saat matahari terbenam.

Koran 

Cara selanjutnya membasmi gulma pada tanaman adalah menggunakan koran. Koran dapat menghalangi pertumbuhan gulma dan benih baru terbentuk dengan menghalangi sinar matahari dan udara.

Tutup gulma dengan koran dan gulma tidak akan muncul. Koran pada akhirnya akan rusak juga sehingga tidak perlu melakukan pembersihan. 

Air mendidih 

Menggunakan air mendidih merupakan cara yang murah, sederhana, efektif, dan benar-benar bebas bahan kimia.

Ambil panci berisi air mendidih dan tuangkan pada gulam dan itu akan membunuhnya segera. Pastikan menyiramnya di dekat tanaman dan tuangkan perlahan agar tidak terciprat.

Jika gulma masih saja tumbuh kembali, ulangi proses tersebut sampai area bebas dan bersih dari gulma. 

Lemon 

Perasan lemon berfungsi sebagai asam alami untuk membasmi gulma. Caranya, isi botol semprot dengan perasan lemon. Larutan alami ini akan mengering dan membunuh gulma dalam satu atau dua hari.

Untuk formula ekstra kuat, campurkan lemon dengan cuka asam. Jenis cuka yang dijual di toko kebun atau pembibitan lebih kuat daripada pilihan di supermarket.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/29/114000976/4-cara-alami-membasmi-gulma-pada-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke