Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulit Tidur? Coba Letakkan 6 Tanaman Ini di Kamar

Sebetulnya, ada banyak cara mengatasi permasalahan sulit tidur ini. Bahkan, tidur malam yang berkualitas bisa menjadi sesuatu yang sederhana dengan menambahkan sedikit kehidupan ke kamar tidur, yakni dengan meletakkan tanaman. 

Sebuah studi yang dilakukan NASA menunjukkan bahwa tanaman tertentu dapat memurnikan udara di rumah serta bagus untuk mencegah pilek dan alergi, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, beberapa tanaman juga memiliki aroma yang dapat menenangkan dan menghilangkan stres.

Melansir dari laman Elle Decor, Rabu (28/7/2021), berikut ini enam tanaman terbaik untuk kamar tidur yang dapat membantu memperoleh tidur malam lebih nyenyak. 

Lidah buaya

NASA menobatkan lidah buaya atau aloe vera sebagai salah satu tanaman terbaik untuk memurnikan udara dalam penelitiannya. Hal ini karena kemampuan lidah buaya melepaskan oksigen sepanjang malam.

Bonusnya, lidah buaya juga sangat mudah dirawat — yang berarti lebih banyak waktu untuk tidur — dan memiliki penampilan yang sangat cantik. 

Jadi, jika menderita alergi, menyimpan beberapa tanaman yang indah ini dapat mencegah bersin selam semalaman. 

Melati

Melati tidak hanya mengharumkan ruangan. Psikolog di Wheeling Jesuit University menemukan bahwa mereka yang mencium aroma bunga melati dapat memperoleh kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Lavender

Berbicara tentang aroma yang menenangkan, lavender menjadi tanaman yang memiliki efek menenangkan lebih besar dibanding lainnya.

Lavender telah digunakan dalam banyak aromaterapi sebagai bantuan alami untuk tidur selama bertahun-tahun.  

Peace lily

Peace lily atau lili perdamaian adalah tanaman all in one karena dapat memurnikan udara dengan membuang racun dan meningkatkan kelembapan udara.

Tak hanya itu, tanaman ini dapat membantu mengurangi alergi dan meredakan tenggorokan kering atau masalah sinus. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/28/232309476/sulit-tidur-coba-letakkan-6-tanaman-ini-di-kamar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke