Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Renovasi Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi dapur adalah sebuah investasi besar, tetapi tidak akan merugikan Anda. Karena fungsi utama dapur adalah untuk memasak dan menyiapkan makanan, maka fungsionalitas menjadi aspek penting.

Akan tetapi, selain fungsionalitas, Anda juga tidak boleh melupakan nilai-nilai estetis. Oleh karena itu, penting untuk selalu memulai proses desain dengan melihat cara Anda menggunakan dapur saat menyiapkan dan memasak makanan.

Dikutip dari Ideal Home, Selasa (6/7/2021), berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat renovasi dapur.

1. Melupakan area kerja

Merencanakan setiap inci ruang yang bisa digunakan adalah suatu keharusan. Kesalahan yang sangat umum dalam desain dapur adalah tidak mengukur luasan area kerja secara cermat.

"Ingatlah untuk memiliki ruang yang cukup untuk menyiapkan makanan, memajang semua peralatan masak, mencuci, dan kemungkinan ruang untuk makan dan bersosialisasi," kata Hayley Simmons, head of merchandising di Magnet.

2. Meremehkan penyimpanan yang dibutuhkan

Rencanakan dengan tepat dan alokasikan ruang untuk penyimpanan setiap barang, mulai dari stoples bumbu hingga laci pemisah peralatan makan. Dengan tetap berpegang pada rencana yang jelas, Anda juga menghindari godaan untuk memenuhi dapur baru.

“Kunci untuk memaksimalkan penyimpanan dapur Anda adalah memikirkan cara cerdas untuk mengintegrasikan solusi penyimpanan ke dalam kebutuhan dapur yang ada,” jelas Iain McColgan dari B&Q.

"Misalnya, panel magnetik membantu memanfaatkan ruang dinding yang tidak terpakai antara dinding dan lemari dasar," imbuhnya.

Adapun untuk barang-barang yang lebih besar, tutur McGolgan, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memiliki penyimpanan sudut.

"Terakhir, jangan lupa untuk memanfaatkan ruang lantai dengan mempertimbangkan troli yang menciptakan ruang ekstra saat Anda menyiapkan makanan, atau bahkan bisa digunakan sebagai troli minuman saat menjamu tamu," paparnya.

3. Mengabaikan ventilasi

Ventilasi yang baik adalah kunci untuk dapur mana pun, terutama dalam memasak hidangan lezat setiap hari. Memasak, terutama di atas kompor, dapat meninggalkan bau tak sedap yang dapat menyebar ke seluruh rumah bila dapur tidak memiliki ventilasi.

Meskipun aroma masakan terasa nikmat, Anda tidak ingin bagian rumah yang lain dipenuhi aroma tersebut dan merusak suasana.

Para ahli di Optiplan Kitchens menyarankan untuk berinvestasi dalam sistem ventilasi atau cooker hood yang tepat yang efisien dalam menangkap kotoran, mensirkulasikan udara dan, secara keseluruhan, menjaga dapur tetap bersih.

Cobalah untuk tidak menggunakan produk murah yang hanya mensirkulasi ulang aliran udara dan menghabiskan banyak energi.

4. Boros pencahayaan

Seperti kebanyakan ruangan, penting untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat untuk penggunaan fungsional serta tampilan estetis.

Menyiapkan makanan akan membutuhkan pencahayaan yang lebih langsung dan lebih terang daripada ruang makan di dalam dapur.

Lampu sorot tersembunyi di bawah lemari dinding dan di langit-langit masih merupakan pilihan paling populer dan praktis untuk digunakan di seluruh ruangan. Pencahayaan dapat dikelompokkan menurut tugas, dan digunakan dengan sakelar peredup sehingga Anda dapat mengubah suasana dalam sekejap.

Untuk area dapur tempat keluarga dan teman berkumpul, pertimbangkan pencahayaan gaya ruang tamu. Lampu gantung menambahkan sumber cahaya yang lebih fokus dan menciptakan suasana, seperti halnya lampu meja di bufet.

5. Melebihi anggaran

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi melebihi anggaran adalah salah satu kesalahan paling umum yang terlihat di banyak renovasi rumah.

Seringkali faktor yang terlupakan yang dapat membuat biaya renovasi dapur membengkak. Cara termudah termudah untuk menghindari pengeluaran berlebihan adalah dengan membuat daftar inventaris, memastikan memperhitungkan furnitur dan isinya.

"Jangan pernah memulai renovasi dapur tanpa anggaran dan rencana,' sebut Simmons.


"Bahkan jika Anda memiliki uang untuk dihabiskan, memiliki angka yang ditetapkan dan mengingat apa yang Anda butuhkan dari renovasi Anda dapat membantu menghindari pengeluaran berlebihan," sambungnya.

Hindari godaan untuk terus menambah daftar. Anggaran yang ditetapkan dan akurat sejak awal akan membuat Anda tetap disiplin.

"Jangan menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak perlu atau tidak praktis yang akan mudah aus dan perlu diganti," ucap Simmons.

Misalnya, jika Anda menginginkan meja dapur kayu solid, tetapi memasak banyak dan memiliki anak kecil yang dapat merusak dan menodainya, meja dapur kayu laminasi mungkin lebih hemat biaya dan lebih tahan lama untuk kebutuhan Anda.

6. Memilih desain dapur yang akan ketinggalan zaman

Meskipun banyak godaan untuk mengikuti tren terbaru, buatlah desain dapur yang tahan lama dan tidak lekang zaman.

Hindari memilih desain yang cenderung ketinggalan zaman dan menjadi berita lama hanya dalam beberapa tahun. Dapur tidak murah untuk diubah penampilannya, ingatlah ini saat mendesain dapur impian Anda.

Dapur yang baik akan membuat Anda bertahan setidaknya 10 tahun, jadi penting untuk melakukannya dengan benar. Perlu dipikirkan juga tentang nilai jual kembali, jika Anda berencana untuk pindah dalam waktu 10 tahun.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/06/092400176/6-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-renovasi-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke