Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini Minuman Berbahaya bagi Kucing

Sebab, kucing yang sengaja maupun tidak sengaja meminum minuman yang bukan diperuntukkan bagi mereka bisa menjadi bencana besar.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa minuman berbahaya bagi kucing dikutip dari kanal YouTube Kucing Punya Rahasia, Minggu (4/7/2021). 

Susu 

Kucing adalah golongan hewan lactose intolerant, yakni pencernaannya tidak memiliki enzim laktase yang fungsinya memecah kandungan laktosa atau gula dalam susu sapi.

Hal ini juga berlaku untuk produk fermentasi dan olahan susu lainnya seperti yoghurt dan keju.

Jika ingin memberikan susu pada kucing, pastikan susu tersebut bebas laktosa dan memang diformulasikan khusus untuk kucing yang bisa dibeli di petshop. 

Kopi, teh, dan minuman bersoda

Kafein adalah senyawa stimulan yang dapat ditemukan pada kopi, teh, hingga minuman bersoda. Bagi manusia, kafein bermanfaat menurunkan berat badan dan meningkatkan performa saat berolahraga.

Namun, ketika kucing tidak sengaja menelan kandungan kafein, hal ini bisa menjadi masalah besar. Kucing bisa mengalami hiperaktif, tekanan darah yang mendadak naik, detak jantung cepat, tremor, muntah-muntah, hingga menyebabkan kematian.

Hal ini bisa terjadi karena kondisi tubuh kucing yang tidak bisa menerima zat lain selain yang diperuntukkan untuk mereka. 

Minuman beralkohol

Minuman berbahaya bagi kucing selanjutnya adalah minuman beralkohol. Di sebagian belahan dunia, alkohol merupakan minuman yang umum dikonsumsi orang dewasa. Alkohol biasa ditemukan pada bir dan wine.

Namun, minuman yang memabukkan ini sangat berakibat fatal apabila tidak sengaja tertelan oleh kucing. Perlu diketahui bahwa satu sendok minuman beralkohol dapat membunuh dua kucing sekaligus. 

Ketika tertelan, efek dari alkohol akan membuat kucing gagal ginjal, gangguan pencernaan, gangguan penapasan, maupun pembengkakan pada liver.

Selain itu, alkohol yang tertelan atau terminum oleh kucing bisa membuat kerusakan organ dalam, yang berujung pada pendarahan hingga mengakibatkan kematian.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/04/114300976/catat-ini-minuman-berbahaya-bagi-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke