Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Anjing Besar, Cocok untuk Teman Bermain

JAKARTA, KOMPAS.com--Anjing memiliki banyak jenis dan ras. Mereka juga hadir dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Anjing yang memiliki ukuran tubuh yang besar bisa kamu pilih sebagai hewan peliharaan. Terlepas dari ukurannya, meski besar umumnya anjing adalah makhluk yang setia dan baik hati.

Jika kamu mengukai anjing berukuran besar, berikut adalah beberapa ras anjing berukuran besar seperti dilansir dari Readers Digest, Sabtu (27/6/2021).


Menurut American Kennel Club, jenis anjing terbesar adalah English Mastiff, atau yang juga dikenal sebagai Old English Mastiff.

Mastiff dianggap sebagai jenis anjing terberat, tetapi bukan tertinggi. Beratnya bisa berkisar antara 50 kilogram hingga 155 kilogram. Tinggi mastiff dapat berkisar dari 64 sentimeter di bahu hingga 92 sentimeter.

Pada tahun 1989, Zorba, seekor Mastiff Inggris, memecahkan rekor sebagai anjing terberat dan tertinggi yang pernah ada, dengan berat 155,6 kilogram.

Zorba berukuran lebih dari 244 sentimeter dari hidung ke ekor dan dikatakan seukuran keledai kecil. Hercules, seekor mastiff Inggris seberat 128 kilogram dengan leher 96,5 sentimeter, memecahkan rekor pada tahun 2001 untuk Anjing Terberat di Dunia.

2. Neapolitan mastiff

Neapolitan Mastiff adalah teman yang tak kenal takut dan sangat protektif. Mereka memiliki sekitar 66 hingga 79 sentimeter. Biasanya beratnya sekitar 77 kilogram, Neapolitan Mastiff juga bisa mencapai hingga 90 kilogram. 

Irish Wolfhound disebut sebagai ras anjing tertinggi di dunia. Secara historis, ukuran, kecepatan, dan kecerdasan Wolfhound Irlandia yang menakjubkan yang menjadikan mereka hewan yang ideal untuk berburu, meskipun mereka cukup jinak dan ramah di alam.

Dengan tubuh yang kuat dan berotot, anjing jantan dapat mencapai perawakan kuda poni kecil.

Irish Wolfhound dapat mencapai tinggi hingga 213 sentimeter ketika berdiri dengan kaki belakangnya dan beratnya 40 hingga 68 kilogram. 

4. Great dane

Great Danes dianggap sebagai ras anjing tertinggi kedua di dunia setelah Irish Wolfhounds. Namun, dari tahun ke tahun sepertinya gelar Anjing Tertinggi menurut Guinness Book of World Records dipegang oleh seorang Great Dane.

Giant George adalah Anjing Tertinggi Guinness Book of World Records dari 2010 hingga 2012. George adalah Great Dane biru seberat 113 kilogram dari Arizona.

Dia memiliki tinggi 109 sentimeter dari kaki ke bahu, dan dilaporkan mengonsumsi 50 kilogram makanan setiap bulan.

Namun Giant George tutup usia pada 2013 lalu.

Dikenal karena keberanian dan kemampuannya dalam misi penyelamatan alpine, St. Bernard memiliki berat rata-rata antara 64 dan 98 kilogram, dan tingginya antara 70 sentimeter hingga 90 sentimeter.

Seekor St. Bernard bernama Benediktin memegang rekor dunia untuk Anjing Terberat yang Pernah Ada.

Benediktin, yang menggantikan Zorba sebagai anjing terberat sepanjang masa, dikatakan memiliki berat hampir 162 kilogram.  

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/26/235812276/5-ras-anjing-besar-cocok-untuk-teman-bermain

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke