Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Dibuang, Tumpukan Rumput yang Dipotong Bisa Jadi Pupuk Cair

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika rumput liar di sekitaran kebun atau halaman rumah sudah memanjang dan terlihat berantakan, mungkin tiba saatnya bagimu untuk memotongnya agar bisa kembali rapi.

Tapi ingat, rumput yang baru kamu potong jangan pernah dibuang begitu saja apalagi dibakar.

Meski kebanyakan orang menganggap bahwa rumput-rumput yang baru dipotong adalah sampah yang tak berguna, namun sebenarnya itu adalah sesuatu yang berharga.

Dilansir dari One Green Planet, Jumat (18/6/2021), disebutkan bahwa potongan rumput sangat berguna dalam kegiatan berkebun, yang mana ini bisa menjadi bahan untuk pupuk cair.

Potongan rumput kaya kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium

Banyak orang-orang yang menghabiskan banyak uang untuk pupuk kimia dan organik, padahal sekantong potongan rumput dapat memberikan hal yang sama tanpa biaya.

Potongan rumput, seperti kebanyakan materi tanaman hijau penuh dengan nitrogen.

Lebih baik lagi, sebagian besar potongan rumput terdiri dari air, sehingga mereka kehilangan biomassa dan terurai dengan cepat.

Cara membuat pupuk cair dari potongan rumput

1. Masukkan tumpukan potongan rumput segar ke dalam wadah yang bisa menampungnya.

2. Isi wadah yang diisi rumput sampai penuh dengan air untuk proses pembuatan pupuk cair, lalu diamkan selama 3 sampai 4 hari.

3. Aduk pupuk cair rumput dengan baik setiap 1-2 kali sehari.

4. Setelah diendapkan, saring pupuknya. Kamu hanya perlu menggunakan air rendaman rumput yang telah menjadi pupuk cair.

5. Encerkan 1 bagian pupuk cair rumput dengan 4 bagian air bersih. Misal 1 liter pupuk cair rumput perlu kamu tambahkan 4 liter air bersih.


6. Siram tanamanmu dengan larutan pupuk cair dari rumput. Kamu juga bisa menyemprotkan larutan pupuk cair rumput pada daun untuk menjadikannya pupuk untuk daun tanaman.

7. Pupuk cair rumput tidak hanya meningkatkan pertumbuhan tanaman, tetapi juga bisa mengusir hama seperti kutu daun dan tungau laba-laba pada tanaman yang terinfeksi.

Siramkan larutan pupuk cair rumput ke tanaman secukupnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/18/104300376/jangan-dibuang-tumpukan-rumput-yang-dipotong-bisa-jadi-pupuk-cair

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke