Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Manfaat Minyak Kelapa untuk Tanaman dan Pengaplikasiannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak produk kimia yang dijual di pasaran untuk meningkatkan nutrisi tanaman maupun membasmi hama dan gulma. Namun, Anda juga bisa menggunakan bahan masakan di dapur untuk melakukannya.

Salah satunya adalah minyak kelapa. Minyak kelapa baik untuk tanaman karena Anda bisa mengoleskannya pada daun untuk menambah nutrisi dan menjaga kelembabannya.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu membuat daun tampak lebih menarik dan mengusir debu. Anda juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai pembunuh gulma dan sebagai pestisida untuk membasmi hama.

Dilansir daridari Gardening Mentor, Jumat (4/6/2021), berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk tanaman dan cara mengaplikasikannya.

1. Membersihkan daun tanaman hias dengan minyak kelapa

Jika Anda mengoleskan sedikit minyak kelapa pada daun tanaman, ini akan membantu memberikan kilau yang indah. Minyak kelapa juga menjauhkan debu dan serangga dari daun tanaman.

Anda harus berhati-hati saat menggunakan minyak kelapa pada daun karena panas matahari dapat membakar daun.

Sebaiknya jangan meninggalkan tanaman di bawah sinar matahari langsung setelah Anda mengoleskan minyak kelapa pada daun.

Mengoleskan minyak kelapa pada daun juga akan mencegah daun menyerap kelembaptan. Ini bisa menjadi hal yang baik untuk mencegah penyakit jamur pada tanaman.

Meskipun demikian, cara ini juga berarti Anda tidak akan dapat menyemprotkan pupuk cair secara efektif ke dedaunan.

Cara membersihkan daun tanaman dengan minyak kelapa

Sangat mudah untuk membersihkan daun tanaman dengan menggunakan minyak kelapa. Metode ini paling cocok untuk tanaman dengan daun besar seperti Monstera atau Fiddle Leaf Fig.


Anda hanya membutuhkan minyak kelapa dan kain mikrofiber atau kain pembersih.

Berikut caranya.tanaman

2. Membunuh gulma dengan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki jumlah asam lemak yang baik yang membuatnya berguna sebagai pembunuh gulma. Asam lemak mencegah gulma atau rumput liar tumbuh dengan baik.

Minyak kelapa melakukan ini dengan menempel pada lilin di luar gulma dan mencegah fotosintesis. Dengan demikian, gulma tidak dapat menghasilkan makanan untuk diri mereka sendiri dan akhirnya mati.

Transpirasi adalah proses yang digunakan tanaman untuk mengedarkan nutrisi dan kelembaban melalui sistem di dalam tubuhnya. Minyak kelapa akan menghambat proses ini.

Ini berarti gulma tidak akan bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Gulma juga tidak akan mampu menghilangkan limbah dan membangun racun.

Kedua kondisi ini akan menyebabkan gulma mati setelah waktu yang singkat.

Cara membuat cairan pembunuh gulma dengan minyak kelapa

Untuk membuat cairan pembunuh gulma, Anda membutuhkan minyak kelapa dan minyak sayur. Anda bisa menggunakan minyak sayur jenis dan kualitas apapun, karena tidak akan mengubah hasil keseluruhan.


Tuang keduanya ke dalam panci atau wadah. Kedua minyak dapat ditambahkan bersama-sama pada waktu yang sama.

Tempatkan panci di atas kompor dan nyalakan api ke rendah. Setelah adonan agak panas, matikan kompor.

Kocok minyak bersama-sama sampai campuran terlihat seragam dalam warna dan konsistensi. Tuangkan campuran Anda ke dalam botol semprot.

Penting untuk dicatat bahwa minyak ini akan terpisah setelah dingin. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengocok botol untuk mencampurnya lagi.

Semprotkan campuran ini pada gulma yang ingin Anda singkirkan dari kebun. Anda perlu menerapkannya sampai gulma jenuh dengan campuran.

Periksa gulma setiap hari dan terus oleskan campuran kapan pun Anda melihat perlu. Gulma perlahan akan mulai layu karena efeknya.

Anda kemudian dapat mencabut gulma dan menyemprot tanah dengan minyak beberapa kali untuk membunuh fragmen akar rumput liar.

3. Membasmi hama dengan minyak kelapa

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk membuat campuran yang berfungsi sebagai pestisida organik. Ini dapat menyingkirkan serangga seperti kutu daun, kutu putih, tungau, dan ulat.

Cara kerja minyak kelapa sebagai pestisida adalah melapisi serangga tersebut dan memblokir pori-pori pernapasan mereka yang membunuh mereka.

Keuuntungan dari metode ini adalah serangga tidak akan mengembangkan resistensi seperti menggunakan bahan kimia.


Anda membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut. 

  • 2 cangkir minyak kelapa
  • Setengah cangkir sabun castile organik
  • Stoples atau wadah kosong
  • Botol semprotan

Cara membuat

Tuangkan minyak kelapa dan sabun ke dalam toples kosong. Tutup tutupnya dan kocok toples dengan baik.

Setelah Anda mengocoknya dengan baik, isi toples akan menjadi putih.

Untuk menggunakan pestisida ini, Anda perlu mengambil 10 ml campuran putih dan encerkan dalam satu liter air.

Tambahkan campuran ini ke botol semprot dan semprotkan ke area tanaman yang terkena hama untuk menghilangkan hama. Pastikan untuk menyemprotkannya di kedua sisi daun.

Minyak putih akan disimpan dalam toples hingga tiga bulan. Pastikan untuk menggunakan oli hanya saat cuaca dingin. Jika tidak, Anda berisiko membakar daun karena panas.

Anda juga harus menghindari penggunaan minyak pada tanaman sensitif atau yang memiliki daun tipis atau lunak.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/04/094144876/simak-manfaat-minyak-kelapa-untuk-tanaman-dan-pengaplikasiannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke