Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Kucing Lebih Pintar dari Dugaan Kita?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menggemaskan, namun hewan peliharaan seperti kucing merupakan makhluk yang pintar, bahkan lebih pintar daripada yang Anda pikirkan.

Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (2/6/2021), menurut para ilmuwan, kucing memiliki otak yang lebih kecil daripada anjing.

"Ukuran otak tidak selalu menjadi indikator kecerdasan terbaik. Otak kucing memiliki beberapa kesamaan yang menakjubkan dengan otak manusia sendiri," kata Lorie Huston seorang peneliti hewan dari PetMD. 

Sebagai contoh, Huston menjelaskan, setiap bagian dari otak kucing terkotak-kotak, terspesialisasi dan terhubung satu sama lain, memungkinkan kucing untuk memahami, menanggapi, dan bahkan memanipulasi lingkungan mereka.

Adapun dalam studi yang dilaporkan dalam Psychology Today oleh Berit Brogaard, seorang peneliti hewan, kucing memiliki lebih banyak sel saraf di area visual otak mereka, bagian dari korteks serebral (area otak yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan, pemecahan masalah, perencanaan, memori, dan pemrosesan bahasa) daripada manusia dan sebagian besar mamalia lainnya.

Selain memiliki penglihatan terbaik, ingatan kucing, baik jangka panjang maupun jangka pendek, sangat sempurna.

Studi awal lainnya melihat apakah kucing memiliki jam internal. Kucing memiliki siklus alami, mengetahui kapan mereka perlu berburu dan perlu istirahat.

Namun, ketika kucing menjadi hewan peliharaan di dalam rumah, mereka cukup pintar untuk menyesuaikan kembali perilaku alami mereka dan ini disebut pembelajaran asosiatif.

Perilaku sosial kucing

Sementara itu,  Kristyn Vitale seorang peneliti kucing di Lab Interaksi Manusia-Hewan di Oregon State University, AS melakukan penelitian terhadap kucing.

Penelitian tersebut berfokus pada kognisi sosial kucing, atau cara mereka memandang dan bertindak berdasarkan rangsangan sosial di lingkungannya.

Untuk melakukan penelitiannya, kucing dan manusia dibawa ke lab bersama-sama, kemudian pemiliknya keluar ruangan dengan meninggalkan si kucing.

Setelah dua menit, pemilk kucing masuk kembali dan respon kucing beragam, beberapa kucing menyapa pemiliknya dengan mendekat dan menjelajahi ruangan kembali.

Namun beberapa kucing lainnya langsung melekat dan tidak mau jauh dengan pemiliknya.

"Respon ini berarti mereka masih kesal karena pemiliknya pergi meninggalkannya," papar Vitale.

Gaya keterikatan ini mungkin sesuai dengan minggu-minggu dan bulan-bulan awal kehidupan kucing.

Kucing yang berusia antara tiga dan sembilan minggu perlu menghabiskan waktu dan berinteraksi dengan orang-orang untuk mengembangkan perilaku sosialisasi yang sehat dengan manusia.

Dengan kata lain, interaksi awal dengan orang biasanya membuat kucing lebih ramah.

Anjing vs kucing

Ada satu pertanyaan klasik yang sering dilontarkan beberapa orang, sebenarnya lebih pintar anjing atau kucing?

Anjing telah dijinakkan jauh lebih lama daripada kucing dan mereka lebih dapat dilatih. Namun, tidak berarti kucing tidak secerdas anjing.

Tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti karena kucing sangat sulit untuk dipelajari.

Miklósi seorang peneliti hewan, yang biasanya mempelajari anjing, menemukan jika kucing memiliki kemampuan untuk memahami apa yang hewan lain, termasuk manusia, saat berkomunikasi dengan mereka.


Namun, tidak seperti anjing, kucing lebih sulit dipelajari.

Dua peneliti hewan mengakui mengalami kesulitan besar dalam menangani subjeknya karena kucing tidak mau berpartisipasi dalam eksperimen atau tidak mengikuti instruksi.

Mungkin perlu beberapa waktu sebelum para ilmuwan dapat lebih spesifik menjawab pertanyaan, seberapa pintar kucing.

Yang diketahui adalah bahwa kucing tidak sabar, mereka memiliki keterampilan pengambilan keputusan kognitif yang kuat, dan mereka akan menjauh dari Anda jika mereka menganggap Anda membosankan.

Faktanya, mereka cukup pandai menurunkan ego Anda.

Tapi jika kucing mencintai seseorang, dia mencintai dan menyukai seseorang selamanya. Dengan pemahaman yang baik tentang kecerdasan kucing Anda, Anda berdua dapat membentuk ikatan yang kuat selama bertahun-tahun yang akan datang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/02/080500776/benarkah-kucing-lebih-pintar-dari-dugaan-kita-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke