Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Bahan Ini Efektif Hilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Noda yang muncul pada pakaian disebabkan kandungan garam dalam keringat bercampur dengan kandungan deodoran. Ketika noda deodoran muncul di pakaian, tentu hal ini membuat tampilan pakaian menjadi tak menarik.

Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, berikut adalah bahan pembersih yang efektif menghilangkan noda deodoran pada pakaian dilansir dari beberapa sumber, Rabu (5/5/2021). 

Salah satu cara terbaik menghilangkan noda deodoran pada pakaian adalah dengan cuka putih. Rendam pakaian yang terkena noda deodoran dalam semangkuk cuka putih untuk membantu mengangkat noda dan menghilangkan bau yang menempel.

Rendam selama satu jam, lalu gosok perlahan dengan sikat dan lakukan mencuci pakaian seperti biasa. 

Noda deodoran umumnya sensitif terhadap zat asam. Oleh karena itu, bahan-bahan yang mengandung zat asam seperti lemon dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan pakaian yang terkena noda deodoran.

Kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan noda deodoran yang membandel. Caranya pun mudah. Cukup peras lemon dan ambil air perasannya untuk merendam bagian pakaian yang terkena noda deodoran. 

Diamkan selama beberapa saat, kemudian sikat pakaian, khususnya area bekas noda sampai bersih. 

Soda kue atau baking soda dapat bekerja dengan baik pada noda apa pun, termasuk deodoran. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membentuk pasta yang dapat membantu mengangkat noda. 

Oleskan pasta ke noda deodoran, diamkan selama 20 menit hingga semalaman, tergantung tingkat keparahan noda. Setelah itu, lakukan metode pencucian biasa. 

Hancurkan beberapa obat aspirin menjadi bubuk, lalu campur dengan air dan aduk rata sampai menjadi pasta. Aspirin dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu merawat pakaian putih yang terkena noda deodoran. 

Efektivitasnya mirip dengan baking soda karena dapat mengikis noda tanpa merusak kain. Biarkan selama 20 menit hingga satu jam, tergantung tingkat keparahan noda. 

Apabila bahan-bahan di atas tidak kamu miliki, manfaatkan garam yang kemungkinan besar selalu ada di dapur. Campuran air dan garam dapat menyingkirkan noda deodoran di pakaian. Cukup rendam bagian pakaian yang terkena noda deodoran dengan larutan air garam.

Setelah direndam selama beberapa saat, kucek baju dan bilas. Selanjutnya lakukan pencucian pakaian seperti biasanya menggunakan detergen. 

Cara lain menghilangkan noda deodoran di pakaianm adalah menggunakan detergen. Cukup taburkan detergen di area noda deodoran pada pakaian. Sebelum mencuci pakaian, ambil sedikit detergen dan basahi sedikit saja dengan air. Sebaiknya, menggunakan air panas. 

Diamkan beberapa saat pada pakaian sebelum menggunakan mesin cuci atau mencucinya dengan tangan. Kemudian, ambil sikat gigi dan sikat dengan gerakan memutar. Ini adalah cara menghilangkan noda kuning di ketiak baju putih.  

Fokus melakukan pembersihan pada area noda yang kekuningan. Sikat terus sampai kamu merasa noda kuningnya sudah pudar atau menghilang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/05/163627676/6-bahan-ini-efektif-hilangkan-noda-deodoran-di-pakaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke