Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Peralatan Memasak Baru? Cuci dengan Cara Ini Sebelum Digunakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli peralatan masak baru adalah kenikmatan tersendiri, apalagi bagi Anda yang gemar memasak. Namun, tahukah Anda, jika peralatan memasak baru ini harus dicuci dan dibersihkan sesuai dengan bahan materialnya untuk mengangkat kotoran?

Dilansir Consumer Report, dengan pembersihan yang benar, peralatan masak akan bertahan selama bertahun-tahun.

Namun, penting untuk menjaga bahan yang menjadi dasar pembuatannya dan membersihkannya dengan semestinya. Berikut beberapa cara untuk membersihan peralatan memasak baru sesuai dengan bahan materialnya.

1. Aluminium

Sebelum digunakan, cuci dengan menggunakan sabun cuci piring. Selain itu, cuci sesegera mungkin setelah digunakan, dan keringkan secara menyeluruh.

Aluminium mudah kusam, jadi percantik permukaannya dengan bantalan gosok anti gores yang bersabun.

2. Besi cor

Bersihkan peralatan masak besi cor sebelum digunakan dengan mengolesi sisi panci, atau wajan, dengan minyak sayur tanpa rasa, lalu tuangkan minyak secukupnya untuk menutupi bagian bawah. Panaskan dalam oven dengan suhu rendah selama satu jam.

Angkat, dinginkan, tuangkan minyaknya, dan seka residu dengan tisu dapur. Setelah digunakan, cuci dengan air panas dan sabun cuci piring, dan keringkan secara menyeluruh untuk mencegah karat.

Jika Anda melihat bintik karat, gosok dengan sabut baja dan sedikit minyak sayur.

3. Tembaga

Alih-alih menggosok, yang dapat merusak lapisan timah, cuci panci dan wajan dengan air hangat dan cairan pencuci piring, dan rendam dalam larutan yang sama, jika perlu, untuk menghilangkan makanan yang dipanggang.


Bersihkan bagian luar peralatan masak dengan larutan cuka putih dan garam, lalu bilas dan semir. Atau gunakan pembersih tembaga komersial.

4. Antilengket

Sebelum digunakan, cuci sesuai dengan intrusksi perawatannya. Biasanya peralatan antilengket ini mudah dibersihkan dengan air panas dan cairan pencuci piring.

Gunakan scrubber plastik atau nilon pada sisa makanan yang menempel.

5. Stainless steel

Cuci peralatan masak stainless steel dengan sabun cuci piring dan air sesegera mungkin setelah digunakan untuk mengurangi kemungkinan noda.

Jangan gunakan bubuk gosok atau sabut baja, yang dapat menggores permukaan dan membuatnya mudah ternoda, dan jangan biarkan panci stainless steel terendam dalam waktu lama, karena garam mineral di dalam air dapat menyebabkannya berlubang atau kerusakan lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/13/140129876/punya-peralatan-memasak-baru-cuci-dengan-cara-ini-sebelum-digunakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke