Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harus Tahu, Inilah Fakta Menarik tentang Ikan Cupang

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikan betta atau yang biasa kita kenal sebagai ikan cupang adalah ikan berwarna cerah yang sering terlihat berenang sendirian di dalam toples bening, atau akuarium.

Ikan kecil ini tampak indah dengan warna-warna yang menakjubkan dan surainya yang berkibar bergelombang saat ia berenang di dalam air.

Untuk kamu pecinta ikan, berikut adalah fakta dan sejarah ikan cupang seperti dilansir dari laman Petsit, Kamis (25/3/2021).

Sejarah

Cupang pertama kali ditemukan di Asia Tenggara. Ikan ini biasa membuat rumahnya di sawah, parit drainase, dan dataran banjir yang hangat di wilayah tersebut, cupang menjadi terbiasa dengan banjir badai yang sering terjadi dan kekeringan yang menghancurkan.

Siklus, perubahan drastis di lingkungannya membantu ikan ini utuk beradaptasi menjadi ikan labirin sejati. Ikan labirin memiliki kemampuan unik untuk menghirup oksigen langsung dari udara dan juga mengambil oksigen dari insangnya.

Akibatnya, cupang dan ikan labirin lainnya dapat bertahan hidup dalam waktu singkat di luar air dan jika diperlukan, dapat menghirup udara di sekitarnya (asalkan tetap lembab).

Hal ini juga menjelaskan mengapa cupang dapat bertahan hidup dalam keadaan diam, kekurangan oksigen dan air.

Meskipun cupang dapat mentolerir ruang kecil dan kualitas air yang buruk, cupang tumbuh paling baik di akuarium kecil (setidaknya 10 liter air) dengan penggantian air secara teratur. Suhu air yang disukai untuk ikan cupang adalah 24-27 derajat celsius.

Arti nama betta

Cupang mendapatkan namanya dari klan prajurit kuno, yang disebut "Bettah". Ikan tersebut diberi nama ini setelah ikan aduan menjadi populer pada pertengahan tahun 1800-an.

Faktanya, olahraga ini menjadi sangat terkenal di Thailand sehingga mantan Raja Siam telah mengatur dan mengenakan pajak. Penonton pertandingan mendasarkan taruhan mereka pada keberanian ikan, bukan kerusakan yang ditimbulkan oleh pemenang.

Waktu makan

Ikan cupang memiliki mulut yang terbalik. Makanan yang baik terdiri dari cacing darah kering, udang air asin atau daphnia.

Makanan cupang komersial atau pelet paling baik karena menggabungkan ketiga makanan ini, selain vitamin dan mineral.

Makanan yang baik akan meningkatkan warna cemerlang dan umur panjang pada cupang.

Ikan cupang tidak dapat bertahan hidup di akar tanaman dan membutuhkan makanan tinggi protein dan serat untuk bertahan hidup.

Tak bisa berbagi ruang

Ikan cupang, tidak seperti spesies lain, bukanlah ikan berkelompok dan akan berkelahi satu sama lain, apa pun jenis kelaminnya. Ikan cupang lebih suka berenang sendiri dan juga membutuhkan tempat yang nyaman untuk bersembunyi.

Gua air atau sudut tanam yang rapat sangat cocok untuk membuat cupang merasa aman.

Kualitas air

Saat membersihkan akuarium atau mangkuk ikan cupang, pastikan kamu hanya mengeluarkan sepertiga air setiap kali dan menggantinya dengan air bersih. Ini akan memungkinkan ikan dengan lembut menyesuaikan dengan suhu dan pH air bersih, hal ini tidak mengganggu keseimbangan biologis lingkungan ikan.

Ini harus dilakukan setiap tiga atau empat hari untuk mangkuk atau tangki kecil. Jika air bakumu mengandung klorin tinggi, kamu mungkin perlu menambahkan setetes deklorinator ke air keran sebelum menambahkannya ke tangki atau mangkuk.

Dan jangan pernah menggunakan sabun atau disinfektan untuk membersihkan ornamen atau dekorasi ikan. Ini akan membahayakan ikan. Air hangat biasa bisa digunakan untuk membersihkannya.

Fakta menarik tentang cupang

- Ikan cupang lebih menyukai air yang sedikit asam (pH 6,5 hingga 7) dan air hangat. Air dingin dapat menekan sistem kekebalan dan menyebabkan penyakit.
- Ikan cupang memiliki beberapa bentuk ekor yang berbeda - yang paling umum adalah "ekor kerudung". Bentuk ekor lainnya termasuk "bulan-setengah", "ekor ganda", "ekor gaya bertarung bersirip pendek", dan "ekor mahkota".
- Ikan cupang biasanya hidup 2 - 3 tahun, tetapi ada beberapa ikan cupang yang hidup dengan baik hingga usia remaja.
- Cupang dikenal sebagai "plakad" di negara asalnya Thailand dan sering disebut sebagai "Permata dari Timur".

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/25/162700076/harus-tahu-inilah-fakta-menarik-tentang-ikan-cupang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke