Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TV Layar Datar Sebaiknya Dipasang di Dinding atau Diletakkan di Meja?

JAKARTA, KOMPAS.com - TV layar datar adalah salah satu jenis televisi terkini yang merupakan pengembangan dari sebuah televisi.

Berbentuk ramping dengan kualitas gambar yang tajam adalah sebagian dari ciri TV layar datar, seperti TV LCD, LED TV, OLED, Plasma, dan lain-lain.

Berbeda dengan TV tabung yang hanya bisa diletakkan di sebuah tempat datar pada sebuah meja, rak, dan sebagainya, TV layar datar memiliki dua pilihan peletakan atau penempatan.

Ketika kamu memiliki TV layar datar, entah apapun jenis dan mereknya, kamu bisa memasangnya di dinding atau meletakkan di meja atau rak TV dan sebagainya.

Tapi, dari 2 cara peletakkan TV LED tersebut, sebenarnya mana yang paling baik untuk diterapkan? Apakah ada keunggulan dari masing-masing cara menempatkannya?

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (5/3/2021), berikut ini beberapa kelebihan dalam meletakkan TV layar datar, baik itu dipasang di dinding maupun diletakkan di meja.

Kelebihan memasang TV layar datar di dinding

1. Membuat ruangan bisa terlihat lebih luas

Saat menempatkan TV layar datarmu ke dinding sebuah ruangan, hal tersebut membuat ruangannya jadi terlihat lebih rapi dan luas.

Biasanya memasang TV layar datar ke dinding adalah pilihan yang perlu dilakukan pada ruang yang terbatas atau sempit.

2. Menjauhkan risiko terjatuh

Karena ramping, TV layar datar rata-rata tidak terlalu berat, sehingga mudah tergeser apabila mendapat tekanan yang begitu kuat saat diletakkan di meja.

Jika di rumahmu ada anak kecil yang senang bermain dan mengotak atik TV layar datarmu, maka memasangnya di dinding adalah pilihan yang lebih aman untuk menjauhkan risiko terjatuh.

Tapi, perlu kamu perhatikan, apabila ukuran layar TV mu lebih dari 60 inci, maka sebaiknya tidak menempatkan lebih dari 1 meter di atas lantai.


3. Layar TV bisa di lihat dari sudut manapun

Alasan mengapa banyak orang meletakkan TV layar mereka di dinding adalah bisa dilihat dari sudut manapun, tanpa akan mengurangi kualitas gambarnya.

Kelebihan meletakkan TV layar datar di atas meja

Apabila kamu lebih menyukai meletakkan TV layar datarmu menggunakan meja atau rak sebagai alasnya, ada juga beberapa kelebihan yang akan membantu menonjolkan konsep ruangan.

4. Ketinggian TV bisa diatur

Saat akan memasang TV layar datarmu ke sebuah dinding, kamu bisa mengatur ketinggiannya yang kamu inginkan yang bisa membuatmu merasa nyaman saat menonton.

Berikut ini beberapa keunggulan meletakkan TV layar datar di atas meja ataupun rak dan sebagai.

1. Membuatnya terlihat lebih anggun dan gagah

Saat diletakkan di atas meja, kamu akan melihat TV layar datar milikmu berdiri dengan kokoh, terlebih warna TV dan mejanya sangat kontras.

Selain akan memperlihat kegagahan dari tampilan TV, hal itu juga akan mempertegas konsep ruangan yang ingin kamu ciptakan.

2. Lebih tahan lama

Kamu tentu ingin TV layar datarmu berumur lebih panjang dari perkiraan pabrikannya bukan?

Memasang TV layar datar di atas meja akan membuat TV lebih tahan lama dari pada dipasang pada dinding, karena suhu panas yang keluar dari bagian belakang TV bisa mengalir secara bebas.

3. Mudah dipindahkan

Karena tidak perlu menempelkan baut pengencang, TV yang diletakkan di meja lebih mudah untuk dipindahkan ke beberapa tempat yang kamu inginkan, sehingga fleksibel.


Ketika TV layar datar milikmu diletakkan di meja, kamu tidak perlu cape-cape membongkar bracket atau penyangga TV layar datar di dinding yang bisa memakan waktu dan merusak dinding.

4. Mempermudah penyimpanan perangkat pendukung

TV layar datar yang diletakkan ke meja juga memberimu ruang di sekitar dan di bawahnya untuk digunakan sebagai penyimpanan.

Jika kamu memiliki banyak perangkat lain, atau koleksi media yang besar, meja atau dudukan TV memberimu tempat untuk meletakkan segala sesuatu di dekat TV, dan juga dapat menyembunyikan kabel yang berantakan di belakangnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/05/145700076/tv-layar-datar-sebaiknya-dipasang-di-dinding-atau-diletakkan-di-meja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke