Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kucing Suka Menggigit Kaki Kita? Ternyata Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memiliki kucing peliharaan di rumah pasti sering mengalaminya. Saat kita sedang duduk atau berbaring, tiba-tiba kucing menggigit kaki kita.

Meskipun ekspresi kucing saat itu tampak seperti ingin bermain, namun gigitan di kaki seringkali menimbulkan luka.

Lalu, apa sebenarnya alasan kucing suka menggigit kaki kita? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Popsugar, Rabu (25/11/2020).

"Alasan nomor satu mengapa kucing menggigit kaki Anda adalah karena mereka adalah hewan pemburu," kata Jackson Galaxy, pakar perilaku kucing dan pembawa acara My Cat From Hell yang disiarkan di Animal Planet.

Menurut Galaxy, karena di alam liar kucing adalah predator, maka kucing memiliki hasrat yang kuat untuk berburu, memanjat, dan menggaruk, bahkan jika tujuannya untuk bermain.

"Ini ada di sistem saraf kucing, dan DNA mereka akan hidup ketika sesuatu bergerak seperti mangsa," terang Galaxy.

Dia berpandangan, ini adalah alasan mengapa kucing bisa tiba-tiba meraih kaki Anda ketika Anda berjalan melewatinya.

"Kucing Anda tidak menyerang Anda. Kaki Anda bisa tampak seperti tupai (yang bisa dimangsa atau dijadikan mainan)," ujar Galaxy.

Dia pun menjelaskan alasan lain kucing suka menggigit kaki Anda, lantaran kucing memandang ini sebagai permainan yang mengasyikkan. Apalagi jika Anda bereaksi dengan bergerak atau menimbulkan suara.

Menurut Galaxy, kebiasaan menggigit kaki ini bergantung pada kepribadian individu kucing, namun biasanya lebih umum pada kucing muda atau anak kucing.

Akan tetapi, kucing tua juga kerap melakukan ini karena merasa bosan.

"Jika kucing Anda memiliki sedikit kesempatan untuk bermain, maka ia akan mencari sumber pelampiasan energinya, termasuk menyerang kaki Anda," tutur Jennifer Coates, penasihat di Cat Life Today.

Coates juga memaparkan, kucing juga menggigit kaki majikannya sebagai ungkapan kasih sayang. Selain itu, kucing menggigit kaki kita untuk menarik perhatian.

Alasan lain kucing menggigit kaki kits adalah karena alasan psikologis. Misalnya, kucing terlalu dini dipisahkan dengan induknya atau kucing tidak pernah "dimarahi" oleh sang induk karena menggigit terlalu keras.

Alasan medis juga seringkali mendasari kucing menggigit kaki kita. Misalnya apabila kucing menderita hipertiroid.

Bagaimana cara hentikan kucing menggigit kaki kita?

Coates merekomendasikan Anda untuk mencoba tidak menghiraukan perilaku ini dan menjaga jarak ketika kucing mulai menunjukkan perilaku yang cukup aneh.

Anda juga bisa mencegah kucing menggigit kaki Anda dengan mengenakan sandal tertutup atau kaus kaki di dalam rumah.

Adapun Galaxy menekankan pentingnya tetap konsisten.

"Kita tidak suka kucing menggigit kaki kita pada jam 6 pagi ketika kita bangun, tetapi kami membiarkan kucing melakukannya pada siang hari karen kita suka kucing menggoyangkan pantat dan menyerang dengan cara yang lucu," kata Galaxy.

"Jika Anda membiarkannya sekali, mereka akan kembali dua kali, terlepas dari jam berapa karena sekarang ini adalah permainan bagi mereka," imbuhnya.


Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, Anda harus mengabaikan perilaku tersebut sepenuhnya. Jangan menjerit, jangan gerakkan jari-jari kaki Anda.

Anda juga bisa mendorong kucing Anda dengan lembut saat ia menggigit kaki Anda. Membungkuklah dan tepuk pelan tubuh kucing, buat suara yang menarik perhatian kucing, lalu katakan "tidak."

Akan tetapi, jangan menghukum kucing Anda karena hal itu hanya membuat kucing takut kepada Anda dan seringkali menjadi lebih agresif karena membela diri.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/25/101600976/kenapa-kucing-suka-menggigit-kaki-kita-ternyata-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke