Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Bersihkan Talenan hingga Engsel Pintu

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata tidak hanya untuk memasak serta memiliki manfaat kesehatan saja, namun minyak zaitun juga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk membersihkan berbagai perlengkapan memasak.

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh hingga 50 meter dan memiliki usia lebih dari 500 tahun.

Dilansir dari laman The Spruce, Jumat (13/11/2020), ada berbagai manfaat dari minyak zaitun untuk membersihkan perangkat rumah tangga.

Melindungi Talenan

Setelah talenan dicuci bersih, berilah sedikit minyak zaitun. Minyak zaitun bisa menutrisi kayu dan mencegah retak dan perubahan warna.

Biarkan minyak zaitun menempel di kayu selama lima menit lalu gosok dengan kain lembut.

Membuat Stainless Steel Berkilau

Selain itu minyak zaitun juga bisa membuat bahan stainless steel seperti panci, sink, dan perlengkapan dapur lainnya lebih berkilau.

Tetesan sedikit minyak zaitun kemudian gosoklah dengan kain lembut ke bahan-bahan stailess steel tersebut, lalu lihatlah hasil akhirnya.

Memperlambat Oksidasi

Minyak zaitun juga bisa membuat oven, microwave, serta peralatan dapur Anda bersinar kembali.

Caranya, teteskan minyak zaitun ke kain lembut, lalu gosokanlah ke benda tersebut. Kandungan yang ada di minyak zaitun bisa memperlambat oksidasi yang menyebabkan noda muncul di permukaan benda.

Menghapus Label yang Lengket

Terkadang ada label yang lengket di beberapa alat elektronik seperti kulkas, dan sulit untuk dibersihkan. Anda bisa membersihkannya menggunakan minyak zaitun yang diteteskan ke atas kertas lalu letakkan ke bekas label tersebut selama 15 menit.


Kemudian, angkat kertas itu, dan bekas label akan hilang.

Memperlancar Engsel Pintu

Memiliki engsel pintu atau rak yang berdecit? Minyak zaitu juga bisa mengatasi masalah tersebut.

Caranya hanya tinggal teteskan minyak zaitun ke engsel yang bermasalah, kemudian tunggulah hasilnya pintu tidak akan berbunyi lagi.

Lapisan Atas Furnitur

Keajaiban minyak zaitun berikutnya adalah bisa membuat noda di atas furnitur Anda menghilang serta membuat lapisan atas funitur menjadi lebih bersinar. Caranya, teteskan minyak zaitu ke funitur kemudian gosoklah dengan kain lembut.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/13/185200776/manfaat-minyak-zaitun-di-rumah-bersihkan-talenan-hingga-engsel-pintu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke