Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Masa Depan Paling Canggih di Dubai Tampilkan Robot Pelayan Paling Mirip Manusia

Kompas.com - 12/10/2022, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Arab News

DUBAI, KOMPAS.com - Pengunjung landmark terbaru Dubai, Museum of the Future, akan disambut oleh “robot humanoid paling canggih di dunia,” kata pengurus museum.

Dilansir Arab News, robot bernama Ameca yang didukung kecerdasan buatan, diproduksi oleh Engineered Arts yang berbasis di Inggris.

Ameca digambarkan sebagai platform yang sempurna untuk interaksi manusia-robot.

Baca juga: Eksperimen Robot, Tanaman Rumah Dipersenjatai Golok dan Bisa Gerak

“Kemampuan gerakannya yang halus, seperti manusia hidup, dan ekspresi wajah yang canggih berarti Ameca dapat menjalin hubungan instan dengan siapa pun,” kata situs web pabrikan.

Museum of the Future memperkenalkan Ameca sebagai anggota staf terbaru yang bergabung dengan museum pada hari pertamanya, seperti yang terlihat dalam video Instagram.

Berbicara dalam dialek Emirat, dia memberi tahu rekan manusianya, "Jangan khawatir, saya tidak akan menggantikan Anda."

Baca juga: Siap-siap, Robot dari China Bakal Bantu Keamanan KTT G20 di Bali

Dibuka sejak Februari, Museum of the Future telah menerima pengakuan internasional di kancah arsitektur global untuk desain unik tanpa pilar berbentuk torus yang dihiasi dengan kaligrafi Arab.

Struktur ini menampung serangkaian pameran interaktif dan canggih yang memberi pengunjung kesempatan untuk merasakan teknologi masa depan.

Baca juga: Ismail Al-Jazari, Penemu Robot yang Juga Ciptakan Sistem Toilet Flush

Pada pembukaannya, penyelenggara mengatakan museum akan bertindak sebagai platform bagi para inovator, ilmuwan, dan pemimpin industri yang dapat berbagi visi mereka tentang masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com