Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank di Meksiko Ini Buka Kantor Cabang di Lokasi Antah-berantah

Kompas.com - 27/08/2020, 18:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Sebuah bank di Meksiko, Banco del Bienestar, menjadi sorotan, setelah dia membuka kantor cabang di lokasi antah-berantah.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjadi salah satu pihak yang paling disalahkan atas pembangunan gedung itu, karena dianggap menghamburkan uang negara.

Bangunan yang berlokasi di suatu tempat di Negara Bagian Chihuahua itu awalnya dianggap sebagai bentuk ejekan kepada inisiatif "Transformasi Keempat Meksiko" dari Lopez Obrador.

Baca juga: Bank DKI Buka Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan S1, Ini Informasinya

Tetapi juru bicara bank menerangkan meski lokasinya terkesan di antah-berantah, penempatan kantor cabang di sana sebenarnya masuk akal.

Kepada RID Noticias, perwakilan Banco del Bienestar Mario Saldana mengungkapkan, awalnya kantor itu hendak didirikan di Nuevo Casas Grandes.

Namun walikotanya, Hector Mario Galaz, ternyata menolak memberikan tanah. Jadi, mereka terpaksa menerima tanah yang ditawarkan militer.

Saldana mengatakan jika saja mereka tidak bergerak cepat, maka orang-orang di Nuevo Casas Grandes harus menunggu hingga tahap keempat proyek.

Artinya seperti dilansir Oddity Central Rabu (26/8/2020), warga Nuevo Casas Grandes tidak bisa mengakses bank hingga awal tahun depan.

Meski terbilang jauh dari kota, para penerima manfaat program sosial yang harus mengambil di Banco del Bienestar hanya butuh waktu 20 menit jika sudah beroperasi.

Saldana menjelaskan, saat ini meski bangunan dan lahan parkir sudah tersedia, kantor cabang unik itu masih belum bisa digunakan.

Penyebabnya adalah mereka masih membutuhkan komputer, perabotan, dan peralatan pendukung lainnya. Saldana memerkirakan mereka bakal siap Oktober nanti.

Meski lokasinya yang tidak biasa, Saldana menerangkan bahwa publik yang tak punya kendaraan pribadi bisa mengaksesnya. Sebab, bakal ada bus yang menurunkan mereka 100 meter dari lokasi.

Adapun Banco del Bienestar tersebut didirikan pada Juli 2019, menggantikan Banco del Ahorro Nacional y Servicios Financieros.

Baca juga: Bank BUKU IV Sokong Pertumbuhan DPK pada Juli 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com