Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penembakan di Sinagoge Yerusalem, 7 Orang Tewas, 3 Lainnya Terluka

YERUSALEM, KOMPAS.com - Penembakan di Sinagoge Yerusalem yang terjadi pada Jumat (27/1/2023), menewaskan tujuh orang dan melukai tiga orang lainnya.

Ini bisa menjadi salah satu serangan paling mematikan yang menargetkan orang Israel dalam beberapa tahun terakhir yang dikhawatirkan dapat memicu kekerasan semakin meluas.

Penembakan itu terjadi sehari setelah eskalasi besar dalam konflik Israel-Palestina.

Ini termasuk serangan tentara Israel di Tepi Barat yang menewaskan sembilan orang, tembakan roket dari Gaza, dan serangan balasan oleh Israel.

Kepala Polisi Israel Kobi Shabtai menyebut, penembakan di daerah Neve Yaakov itu menjadi salah satu serangan terburuk yang pernah ditemui dalam beberapa tahun terakhir.

Penembakan di Sinagoge Yerusalem terjadi saat jadwal ibadah Sabat Yahudi.

Insiden ini juga jatuh pada Hari Peringatan Holocaust Internasional.

Polisi Israel mengatakan bahwa sekitar pukul 20.15 (18.15 GMT) seorang teroris tiba di sebuah sinagoge di bulevar Neve Yaakov di Yerusalem dan mulai menembaki sejumlah orang di daerah tersebut.

"Akibat serangan teror tersebut, tujuh warga sipil dinyatakan tewas, dan tiga warga sipil lainnya luka-luka," kata Polisi, sebagaimana dikutip dari AFP.

Mereka mengatakan, pria bersenjata itu sempat berupaya melarikan diri dari tempat kejadian dengan sebuah mobil, tetapi dengan cepat dapat dilacak dan tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Polisi Israel sebut pelaku sebagai pria Palestina

Polisi Israel telah mengidentifikasi pelaku penembakan di Sinagoge Yerusalem itu sebagai warga Palestina di Yerusalem timur, yang dianeksasi oleh Israel setelah Perang Enam Hari 1967.

Konflik Israel-Palestina telah melonjak setelah Israel memiliki pemerintahan baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Netanyahu dan Menteri Keamanan Nasional ekstrem kanan Itamar Ben-Gvir dilaporkan telah mengunjungi tempat kejadian penembakan di Sinagoge Yerusalem pada Jumat. 

Berbicara di televisi setelah mengunjungi tempat kejadian, Netanyahu mengatakan kabinet keamanannya akan segera mengumumkan langkah-langkah segera sebagai tanggapan atas insiden penembakan di Sinagoge Yerusalem.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/28/062349670/penembakan-di-sinagoge-yerusalem-7-orang-tewas-3-lainnya-terluka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke