Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa Al-Qurashi, Pemimpin Penting ISIS yang Dikabarkan Tewas?

Dilansir dari UPI, Al-Qurashi diangkat sebagai pemimpin ISIS pada bulan Maret.

Rincian tentang bagaimana tepatnya dia meninggal tidak jelas, tetapi juru bicara kelompok teroris itu mengatakan dalam rekaman audio bahwa Al-Qurashi tewas dalam konflik.

"Saya umumkan masa berkabung untuk negara Islam dan para pejuang. Abu al-Hasan al-Hashmi al-Qurashi. Dia terbunuh saat berjuang melawan musuh-musuh," kata Abu Omar al-Muhajer, menurut CNN.

Juru bicara itu tidak mengklarifikasi dengan siapa konflik itu terjadi.

Abu al-Husain al-Husaini al-Quraishi diumumkan sebagai pemimpin baru ISIS. Pendahulunya Al-Qurayshi adalah pemimpin ISIS kedua yang terbunuh tahun ini.

Militer AS mengatakan Al Qurayshi sebenarnya terbunuh pada pertengahan Oktober dalam operasi yang dilakukan oleh pasukan pemberontak Suriah.

Pada bulan Februari, mantan pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi terbunuh ketika dia meledakkan alat peledak saat militer AS berusaha untuk menahannya, menurut Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III.

Salah satu wakilnya dan beberapa anggota keluarganya juga tewas dalam ledakan tersebut.

Pemimpin Negara Islam sebelum al-Qurashi, Abu Bakr al-Baghdadi, tewas dalam penggerebekan oleh militer AS pada tahun 2019.

"Kami tentu menyambut baik berita kematian pemimpin ISIS lainnya. Saya tidak memiliki detail operasional tambahan untuk diberikan saat ini," kata John Kirby, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS.

Pemimpin baru al-Quraishi adalah pejuang veteran dan salah satu putra setia Negara Islam, menurut al-Muhajer.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/01/131500570/siapa-al-qurashi-pemimpin-penting-isis-yang-dikabarkan-tewas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke