Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resepsi Diplomatik KJRI Chicago Jadi Ajang Promosi Batik

CHICAGO, KOMPAS.com - Dalam rangka mempromosikan batik dan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, KJRI Chicago mengadakan Resepsi Diplomatik di Kantor KJRI pada Kamis (27/10/2022).

Resepsi diplomatik kali ini memang dibuat bukan hanya untuk menjadi ajang silaturahmi atau pengembangan jejaring antara KJRI Chicago dengan para mitra kerja diplomatik dan bisnis.

Resepsi diplomatik juga ditujukan untuk memamerkan galeri batik yang akan segera dibuka untuk publik dan produk–produk Indonesia mulai dari makanan, minuman, perhiasan, hingga kerajinan UMKM.

Secara khusus dalam rangka memperingati momentum Hari Batik Nasional, KJRI Chicago mengadakan juga pagelaran busana batik yang menampilkan tiga butik dari Indonesia, yaitu Djadi Batik dari Yogyakarta, Tepa Selira dari Jakarta, serta Ozzy dan My Batik Shop yang berbasis di Chicago.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim KJRI Chicago kepada Kompas.com, Minggu (30/10/2022), peragaan busana tersebut berhasil memukau para tamu undangan yang hadir.

Komunitas Indonesia-Amerika ini diakui juga oleh Walikota Chicago.

Menurut dia, komunitas Indonesia-Amerika telah memberikan kontribusi penting pada perkembangan dan pertumbuhan kota Chicago.

“Saya merasa sangat terhormat untuk menyambut semua yang sudah berkumpul untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. 17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Indonesia dan kami mendorong semua komunitas di Chicago, khususnya Asian-American untuk ikut merayakan,” ucap Anel Marchan, Deputy Director Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali kota Chincago Lightfoot.

Annel mengaku sangat terkesan dengan galeri batik yang ada di KJRI Chicago.

“Saya juga belajar banyak mengenai batik dan bagaimana Indonesia adalah pemimpin yang diakui UNESCO (mengenai batik),” ucap dia.

Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, menyebut kesempatan kali ini sangat spesial karena KJRI bukan hanya merayakan kemerdekaan Indonesia, tetapi juga Hari Batik Nasional.

Konjen Meri juga bercerita mengenai bagaimana batik adalah sesuatu yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, dan batik dikenakan di acara–acara penting sepanjang hidup, mulai dari kelahiran, pernikahan sampai kematian.

“Nanti Galeri Batik ini juga akan dilengkapi dengan penayangan film pendek, virtual reliaty corner dan kelas musik dan kelas bahasa Indonesia,” jelas Konjen Meri.

Di akhir pidato, Konjen Meri menyampaikan undangan kepada semua yang hadir untuk datang ke Indonesia bersama keluarga tercinta.

“Mulai dari makanan, pemandangan indah, investasi, bisnis dan juga lapangan golf kelas dunia, Indonesia punya semua,” tegas dia.

Ucapan Hari Kemerdekaan juga dihadiri tamu–tamu VIP lainnya, termasuk Jeannete Juricic, Direktur Regional Office of Foreign Mission Chicago; Dr Gopal Lalmalani, Walikota Oakbrook; dan Billy Adolfo Jose Munoz Miranda, Konsul Jenderal Guatemala yang hadir dalam kapasitasnya sebagai Ketua (Dean) Chicago Consular Corps.

"Saat saya melihat sekeliling saya di ruangan ini, saya yakin bahwa kalian adalah duta besar dan perwakilan terbaik bagi Indonesia,” ucap Konjen Billy Miranda.

Dr. Gopal Lalmalani, satu–satunya walikota di AS yang lahir dan besar di Indonesia, bercerita mengenai masa kecil hingga saat dia kuliah kedokteran di Universitas Indonesia.

“Sebagai walikota di Oakbrook, saya menjamin bahwa sebagai cara kami merayakan kemerdekaan Indonesia, siapa pun yang berbelanja di Oakbrook pada tanggal 17 Agustus akan mendapatkan diskon!” tutur dia.

Tidak hanya pagelaran busana batik, para tamu resepsi juga disuguhi keramahan khas Indonesia, yaitu penampilan budaya Tari Tor Tor yang dibawakan oleh tiga siswi Indonesia di Chicago.

Selain itu, tamu diberi hidangan spesial Indonesia berupa nasi goreng, mi goreng, dan rendang.

Para tamu undangan pada umumnya mengapresiasi langkah KJRI Chicago memadukan resepsi dengan pameran produk-produk Indonesia.

Produk-produk yang ditampilkan memiliki kode QR yang apabila dipindai akan langsung menampilkan situs penjualnya, baik di Indonesia maupun di Amerika Serikat.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/30/180000070/resepsi-diplomatik-kjri-chicago-jadi-ajang-promosi-batik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke