Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Era Baru Penyelidikan UFO: NASA Bentuk Tim Khusus, Pentagon Kian Tanggapi Serius

Dilansir dari The Hill, NASA membuka potensi untuk penyelidikan masa depan pada penampakan misterius dan pesawat di langit.

Tim beranggotakan 16 orang akan menyelidiki UAP, yang jadi nama resmi untuk apa yang sebelumnya disebut UFO.

Mereka akan bekerja selama sembilan bulan, berusaha meletakkan dasar untuk studi di masa depan.

Tim akan fokus pada bagaimana data yang dikumpulkan oleh warga sipil, pemerintah, dan bisnis komersial dapat dianalisis untuk menjelaskan UAP, dan kemudian membangun peta jalan untuk analisis NASA di masa depan.

Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains di Markas Besar NASA di Washington DC, mengatakan fokus pada data sangatlah penting.

"Informasi mentah adalah bahasa para ilmuwan dan membuat yang tidak dapat dijelaskan, dapat dijelaskan," ujarnya.

“Memahami data yang kami miliki seputar fenomena udara tak dikenal sangat penting untuk membantu kami menarik kesimpulan ilmiah tentang apa yang terjadi di langit kami,” kata Zurbuchen dalam sebuah pernyataan.

"Menjelajahi hal yang tidak diketahui di luar angkasa dan atmosfer adalah inti dari siapa kita di NASA," tambahnya.

Pemerintah AS dalam beberapa tahun terakhir telah mengambil pandangan baru dan lebih serius pada pertemuan UAP.

Tahun lalu, Pentagon merilis laporan yang telah lama ditunggu-tunggu tentang fenomena udara yang menemukan sekitar 144 pertemuan UAP yang tidak dapat dijelaskan dari 2004 hingga 2021.

Dan selama musim semi, Subkomite Kontraterorisme, Kontraintelijen, dan Kontraproliferasi Intelijen DPR mengadakan sidang UFO pertama Kongres dalam waktu sekitar 50 tahun.

Andre Carson, ketua subkomite, menyerukan destigmatisasi pelaporan UAP. Anggota parlemen lainnya di komite memperingatkan bahwa UAP menimbulkan potensi ancaman keamanan nasional.

Selama persidangan, Pentagon mengatakan bahwa database UAP-nya kini telah berkembang menjadi sekitar 400 pertemuan.

Pejabat Departemen Pertahanan juga merilis video baru seorang pilot di pangkalan pelatihan Angkatan Laut AS yang bertemu dengan benda bulat aneh yang melintas dengan kecepatan sangat tinggi.

Studi NASA bisa menjadi upaya terbesar dalam memetakan jalur baru menuju pemahaman yang lebih baik tentang pertemuan UAP.

Kelompok ini melibatkan anggota dari berbagai latar belakang baik di sektor publik maupun swasta, termasuk mantan astronot, profesor ilmu data, ahli kelautan, direktur Administrasi Penerbangan Federal, pemrogram komputer, dan ahli astrofisika.

Kelompok independen dipimpin oleh David Spergel, presiden Yayasan Simons, sebuah yayasan swasta yang meneliti matematika dan sains.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/26/153000170/era-baru-penyelidikan-ufo--nasa-bentuk-tim-khusus-pentagon-kian-tanggapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke