Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Zelensky Tawarkan Jaminan bagi Tentara Rusia yang Menyerah

Dilansir The Hill, ini disampaikan Zelensky setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan memanggil 300.000 tentara cadangan untuk mengisi kembali pasukan Rusia.

Mengajukan banding langsung ke Rusia dalam sebuah pidato, Zelensky mengatakan Ukraina dapat menjamin tiga persyaratan bagi tentara Rusia sebagai imbalan atas penyerahan mereka.

Dia mengatakan orang Rusia seperti itu akan diperlakukan dengan cara yang beradab, keadaan penyerahan mereka akan tetap dirahasiakan dan Ukraina akan menemukan cara untuk memastikan mereka yang tidak ingin kembali ke Rusia tidak ditukar.

Putin sendiri mengumumkan panggilan itu ketika Ukraina mendorong pasukan Rusia kembali dari wilayah yang mereka rebut selama perang.

Ukraina telah melakukan serangan balasan besar bulan ini di mana ia telah merebut kembali ribuan kilometer persegi wilayah.

Pengumuman Putin memicu protes nasional di Rusia dan menyebabkan lebih dari 1.000 penangkapan.

Penerbangan ke luar negeri terjual habis atau harganya melonjak setelah Rusia memanggil satu putaran tentara lagi, menandai mobilisasi pertama sejak Perang Dunia II.

Zelensky mengatakan pihak berwenang Rusia sadar mereka mengirim warga ke kematian mereka tetapi tidak memiliki pilihan lain pada tahap perang ini.

Pentagon mengatakan bulan lalu bahwa Rusia telah melihat 70.000 hingga 80.000 korban sejak perangnya di Ukraina dimulai pada Februari.

“Komandan Rusia tidak peduli dengan kehidupan orang Rusia. Mereka hanya perlu mengisi kembali ruang kosong yang ditinggalkan oleh orang mati, terluka, mereka yang melarikan diri atau tentara Rusia yang ditangkap,” kata Zelensky.

Dia mengatakan setiap warga Rusia tahu bahwa Rusia adalah yang membawa “kejahatan” bahkan jika mereka tidak mengakuinya.

Dia mengatakan kepada Rusia bahwa menyerah kepada tawanan Ukraina lebih baik daripada terbunuh dalam perang.

“Jadi, momen kunci telah datang untuk Anda: saat ini sedang diputuskan apakah hidup Anda akan berakhir atau tidak,” kata Zelensky.

Putin dilaporkan menandatangani undang-undang pada hari Sabtu yang memperkuat hukuman bagi tentara Rusia yang secara sukarela menyerah hingga 10 tahun penjara.

Mereka yang menolak untuk terlibat dalam pertempuran juga akan menghadapi 10 tahun penjara.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/25/103000370/zelensky-tawarkan-jaminan-bagi-tentara-rusia-yang-menyerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke