Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

AS Tawarkan Vaksin Covid-19 ke Korea Utara, tapi Tak Direspons

SEOUL, KOMPAS.com – Presiden Joe Biden mengatakan bahwa Wahsington telah menawarkan vaksin Covid-19 ke Korea Utara, namun sampai sekarang tidak direspons.

Hal tersebut disampaikan Biden pada Sabtu (21/5/2022) dalam konferensi pres bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol di Seoul.

“Jawabannya adalah ya kami telah menawarkan vaksin, tidak hanya ke Korea Utara tetapi juga ke China,” kata Biden.

“Dan kami siap untuk melakukan itu segera. Kami tidak mendapat tanggapan,” sambung Biden, sebagaimana dilansir The Hill.

Korea Utara telah lama diisolasi dari seluruh dunia, dan Pemerintah Korea Utara tidak melaporkan satu pun kasus Covid-19 sejak awal pandemi.

Hingga akhirnya, Pyongyang melaporkan kasus Covid-19 pertamanya beberapa pekan lalu.

Setelah pengumuman tersebut, Korea Utara dengan cepat melaporkan ratusan ribu kasus dan puluhan kematian akibat Covid-19.

Laporan itu memicu kekhawatiran dari masyarakat internasional mengingat akses Korea Utara ke obat-obatan terbatas dan sistem perawatan kesehatannya rapuh.

Dalam pernyataan bersama, Biden dan Yoon mengatakan bahwa mereka akan bekerja untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Korea Utara yang rentan.

Di sisi lain, China juga mengalami lonjakan besar dalam kasus Covid-19 pada awal bulan ini.

China biasanya memberlakukan strategi nol-Covid yang mencakup lockdown keras dan tindakan pembatasan lainnya untuk menghilangkan Covid-19.

Para ahli menggarisbawahi bahwa populasi global yang tidak divaksinasi akan membuat virus corona punya kesempatan untuk bermutasi dan menjadi lebih menular atau mungkin lebih mematikan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/21/193100370/as-tawarkan-vaksin-covid-19-ke-korea-utara-tapi-tak-direspons

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke