Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

COP26 Glasgow: 190 Negara dan Organisasi Berjanji Enyahkan Batu Bara

GLASGOW, KOMPAS.com – Inggris mengatakan, sebanyak 190 negara dan organisasi berjanji untuk berhenti menggunakan batu bara dalam COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Batu bara adalah kontributor terbesar terhadap perubahan iklim sebagaimana dilansir BBC, Rabu (3/11/2021).

Inggris mengatakan, negara-negara pengguna batu bara utara termasuk Polandia, Vietnam, dan Chile berkomitmen untuk menhindari bahan bakar fosil tersebut dalam janji yang dibuat pada COP26.

Tetapi beberapa negara besar yang bergantung pada batu bara seperti Australia, India, China, dan AS, tidak menandatangani janji tersebut.

Negara dan organisasi yang menandatangani perjanjian itu berkomitmen untuk mengakhiri semua investasi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara baru baik itu di dalam maupun di luar negeri.

Negara-negara ekonomi utama sepakat untuk menghentikan operasi PLTU batu bara pada 2030-an.

Sementara itu, negara-negara miskin akan menghentikan PLTU batu bara mulai 2040-an.

“Akhir dari era batu bara sudah di depan mata”" kata Menteri Bisnis dan Energi Inggris Kwasi Kwarteng.

“Dunia sedang bergerak ke arah yang benar, siap untuk mengubur nasib batu bara serta merangkul manfaat lingkungan dan ekonomi dari pembangunan masa depan yang didukung oleh energi bersih,” imbuh Kwarteng.

Tetapi, Menteri Bisnis dan Energi Bayangan Inggris Ed Miliband mengatakan, ada kesenjangan yang mencolok dari beberapa negara, seperti China, dan penghasil emisi besar lainnya.

Negara-negara tersebut belum berkomitmen untuk menghentikan peningkatan batu bara di dalam negeri.


Dia juga mencatat bahwa tidak ada penghapusan minyak dan gas secara bertahap. Miliband mengatakan, pemerintah Inggris telah membiarkan “orang lain” lolos.

Meski telah terjadi pengurangan penggunaan batu bara secara global, energi fosil tersebut masih menghasilkan sekitar 37 persen dari listrik dunia pada 2019.

Beberapa negara seperti Afrika Selatan, Polandia, dan India akan membutuhkan investasi besar untuk membuat sektor energi mereka lebih bersih.

Juan Pablo Osornio, kepala delegasi Greenpeace di COP26, mengatakan janji tersebut sejauh ini masih jauh dari ambisi yang dibutuhkan untuk sektor bahan bakar fosil.

https://www.kompas.com/global/read/2021/11/04/083604770/cop26-glasgow-190-negara-dan-organisasi-berjanji-enyahkan-batu-bara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke