Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dokumen Rahasia Serangan 11 September Ungkap Keterlibatan 15 WN Arab Saudi

Kelima belas warga Arab Saudi itu termasuk dalam total 19 pembajak pesawat dalam tragedi 11 September 2001 yang menewaskan hampir 3.000 orang.

Dokumen ini sendiri sejak lama telah didesak oleh kerabat korban untuk dirilis, karena diduga Pemerintah Arab Saudi tahu tentang rencana serangan 9/11 tetapi tidak menghentikannya.

Namun, dokumen rahasia tragedi 9/11 tidak memberikan bukti bahwa pemerintah Saudi terkait dengan rencana serangan gedung WTC dan dua lokasi lainnya.

Dokumen FBI setebal 16 halaman ini didasarkan pada wawancara dengan sumber yang identitasnya dirahasiakan (ditulis sebagai PII), dan menguraikan kontak antara sejumlah warga negara Saudi dan dua pembajak, Nawaf Al Hazmi dan Khalid Al Midhar.

Para pembajak menyamar sebagai pelajar untuk memasuki Amerika Serikat (AS) pada 2000.

Memo FBI mengatakan, mereka kemudian mendapat dukungan logistik dari Omar Al Bayoumi, yang menurut saksi mata sering berkunjung ke Konsulat Saudi di Los Angeles, meskipun status resminya saat itu adalah mahasiswa.

Bayoumi, menurut sumber yang diwawancarai FBI, memiliki status sangat tinggi di konsulat.

“Bantuan Bayoumi kepada Hamzi dan Midha meliputi penerjemahan, perjalanan, penginapan, dan pembiayaan,” demikian isi memo tersebut.


Dokumen rahasia serangan 11 September 2001 juga mengatakan, ada hubungan antara dua pembajak dan Fahad Al Thumairy, imam konservatif di Masjid King Fahad, Los Angeles.

Sumber FBI menyebut Fahad Al Thumairy memiliki keyakinan ekstremis.

Baik Bayoumi dan Thumairy meninggalkan AS beberapa minggu sebelum serangan 9/11, menurut kantor berita AP yang dikutip BBC.

Pemerintahan George W Bush, Barack Obama, dan Donald Trump semuanya menolak membuka dokumen rahasia tragedi 9/11, dengan alasan keamanan nasional.

Akan tetapi, Joe Biden pekan lalu memerintahkan peninjauan dokumen investigasi, memberitahu para pejabatnya untuk merilis apa yang mereka bisa selama enam bulan ke depan.

Menjelang deklasifikasi, Kedutaan Arab Saudi di Washington menyambut baik rencana itu dan sekali lagi membantah hubungan negara mereka dengan para pembajak.

Kedubes Arab Saudi di AS menyebut klaim keterlibatan pemerintah dalam serangan 11 September 2001 itu salah dan jahat.

https://www.kompas.com/global/read/2021/09/12/155023470/dokumen-rahasia-serangan-11-september-ungkap-keterlibatan-15-wn-arab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke