Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Sindir Anggota G7: Masa "Grup Kecil" Kuasai Dunia Sudah Berakhir

Komentar yang dilontarkan juru bicara kedutaan "Negeri Panda" di Inggris terjadi saat ketujuh negara kaya dunia itu bertemu di Cornwall.

Dalam pertemuan tersebut, para pemimpin G7 membahas dan upaya menyatukan diri di tengah pengaruh "Negeri Panda".

Di antaranya, bakal meluncurkan program bantuan kepada negara berkembang dan miskin untuk mengimbangin Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) China.

Analis menyatakan, Presiden AS Joe Biden merasa agar negara Barat menggalang kekuatan dan membendung Beijing.

Pada Minggu (13/6/2021), pemimpin G7 diyakini akan merilis janji bantuan tak hanya bagi negara berkembang yang terdampak krisis iklim.

Dukungan finansial juga bakal digelontorkan bagi pembangunan di negara berkembang dan miskin sebagai alternatif dari BRI.

"Masa ketika keputusan global didikte sekelompok kecil negara kini sudah usai," ucap juru bicara kedutaan kepada Reuters.

Dikutip BBC, juru bicara tersebut menegaskan seharusnya segala masalah dunia harus didiskusikan dengan semua negara.

Koresponden politik BBC yang meliput jalannya pertemuan, Rob Watson, berujar Biden membingkai kondisi saat ini sebagai pergumulan demokasi dan otokrasi.

Namun, Watson tidak merinci apakah dalam agenda itu, pemimpin G7 menggolongkan China sebagai mitra, pesaing, atau malah ancaman keamanan.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/13/175537070/china-sindir-anggota-g7-masa-grup-kecil-kuasai-dunia-sudah-berakhir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke