Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gagal Amankan Vaksin BioNTech, Taiwan Salahkan China

TAIPEI, KOMPAS.com – Taiwan secara langsung menuduh China sebagai pihak yang menyebabkan gagalnya Taipei mengamankan vaksin Covid-19 dari BioNTech.

Pulau tersebut telah mengamankan jutaan dosis vaksin Covid-19 dari AstraZeneca dan Moderna sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (26/5/2021).

Namun, Taiwan baru menerima sekitar 700.000 dosis hingga saat ini. Hal itu membuat Taiwan hanya mampu memvaksinasi sekitar 1 persen populasinya saat kasus virus corona melonjak.

Terbaru, Taipei mengatakan tidak dapat menandatangani kontrak akhir dengan BioNTech gara-gara adanya tekanan dari China.

Dalam pertemuan dengan Partai Progresif Demokratik yang berkuasa, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan mereka lancar-lancar saja ketika memesan vaksin AstraZeneca dan Moderna.

"Sedangkan untuk BioNTech Jerman, kami hampir menyelesaikan kontrak, tapi karena campur tangan China, hingga kini belum ada cara untuk menyelesaikannya," tutur Tsai.

Di sisi lain, BioNTech mengatakan tidak dapat mengomentari potensi atau diskusi yang sedang berlangsung tentang penyediaan vaksin.

"Sudah jelas bahwa tujuan BioNTech adalah menyediakan akses ke vaksin kami kepada sebanyak mungkin orang di seluruh dunia," kata perusahaan itu.

Sementara itu, China berulang kali membantah telah mencoba memblokir vaksin untuk Taiwan.

“Negeri Panda” beralasan pihaknya justru telah menawarkan untuk memberikan vaksin virus corona ke Taiwan sebagai isyarat niat baik.

Perusahaan Shanghai Fosun Pharmaceutical Group dari China mengatakan pada Sabtu (22/5/2021) bahwa pihaknya bersedia memberi Taiwan vaksin BioNTech.

Fosun menandatangani kesepakatan dengan BioNTech untuk secara eksklusif mengembangkan dan mengkomersialkan produk vaksin Covid-19 yang dikembangkan menggunakan teknologi mRNA BioNTech di China daratan, Hong Kong, Makau, dan Taiwan.

Beijing justru menuduh Taiwan memasang hambatan politis atas tawaran vaksin yang telah disodorkannya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/05/26/154557370/gagal-amankan-vaksin-biontech-taiwan-salahkan-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke