Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turki-Mesir Jalin Hubungan Diplomatik Pertama Sejak Konflik 2013

ANKARA, KOMPAS.com - Turki pada Jumat (12/3/2021) mengadakan kontak diplomatik pertamanya dengan Mesir sejak Presiden Fattah al-Sisi menggulingkan pemimpin Islam yang didukung Ankara, Mohamed Morsi pada 2013.

Kedua kekuatan telah berselisih tentang berbagai masalah dan menemukan diri mereka di sisi berlawanan dari perang di Libya, seperti yang dilansir dari AFP pada Jumat (12/3/2021).

Namun, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah menjangkau beberapa lawannya ketika dia mencoba untuk keluar dari isolasi diplomatik yang berkembang dan menghadapi potensi sanksi dari UE.

Serangan datang ketika Turki menderita gelombang kesengsaraan ekonomi dan menghadapi sikap keras dari pemerintahan baru Presiden AS Joe Biden.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada awal Maret telah mengisyaratkan bahwa Ankara siap untuk merundingkan perjanjian maritim baru untuk Mediterania timur dengan Kairo.

Dia mengatakan kepada media pemerintah Turki pada Jumat (12/3/2021) bahwa kedua negara telah membuat "kontak di tingkat intelijen dan kementerian luar negeri dengan Mesir".

Cavusoglu menambahkan bahwa "kontak tingkat diplomatik telah dimulai".

Anadolu mengutip pernyataan Cavusoglu bahwa kurangnya kepercayaan adalah hal yang wajar pada tahap awal diskusi.

"Untuk alasan ini, negosiasi sedang berlangsung dan dilanjutkan dengan strategi tertentu, road map," katanya.

Tidak ada masalah

Ekonom pasar berkembang Timothy Ash dari BlueBay Asset Management mengatakan langkah itu adalah "perubahan haluan yang benar-benar luar biasa bagi Erdogan".

"Menunjukkan tatanan dunia baru di bawah Biden, atau kembali ke sesuatu yang lebih familiar," kata Ash dalam sebuah catatan.

Turki dan Mesir mengusir duta besar negara satu sama lain dan menurunkan hubungan mereka pada 2013.

Erdogan telah berulang kali menyebut Sisi sebagai "presiden pengacau" yang dianggapnya bertanggung jawab atas kematian ribuan warga sipil.

Namun, pemimpin Turki yang bersikeras tidak banyak bicara tentang Sisi akhir-akhir ini, sambil mengurangi bahasanya pada berbagai urusan internasional.

Cavusoglu mengatakan pada Jumat (12/3/2021), bahwa Turki juga siap untuk meningkatkan hubungan dengan Uni Emirat Arab (UEA), salah satu saingan terbesarnya di dunia Arab, selain Arab Saudi.

"Kami telah melihat lebih banyak pesan positif akhir-akhir ini dari Abu Dhabi," katanya.

"Kami tidak punya masalah dengan mereka, tapi mereka punya masalah dengan kami. Kami sekarang melihat pendekatan yang lebih moderat dari mereka," lanjutnya.

Hubungan Turki dengan Arab Saudi memburuk tajam setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Istanbul di Riyadh pada 2018.

Namun, Cavusoglu mengatakan pada Jumat (12/3/2021) bahwa Turki tidak memperlakukan kematian sebagai "masalah bilateral".

"Mereka mengubahnya menjadi masalah bilateral, tapi kami tidak pernah menuduh pemerintah Arab Saudi," terangnya.

Pengadilan Turki yang mengadili 26 tersangka Saudi in absentia atas pembunuhan Khashoggi pada bulan ini, menolak untuk mengakui laporan AS yang menyalahkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas pembunuhan tersebut.

Laporan AS yang tidak diklasifikasikan itu mengatakan Washington memiliki alasan untuk menyimpulkan bahwa Pangeran Mohammed "menyetujui" operasi pembunuhan itu.

Sebab, sesuai dengan polanya "menggunakan tindakan kekerasan untuk membungkam para pembangkang di luar negeri".

Cavusoglu menekankan, "Kami tidak melihat alasan untuk tidak meningkatkan hubungan dengan Arab Saudi."

https://www.kompas.com/global/read/2021/03/12/202941370/turki-mesir-jalin-hubungan-diplomatik-pertama-sejak-konflik-2013

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke